Fungsi PERCENTILE Pada Microsoft Excel dan Contohnya

Fungsi PERCENTILE Pada Microsoft Excel dan Contohnya – Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang berfungsi untuk membantu pengguna menghitung angka-angka dengan sangat cepat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Micorsoft Excel ini masih satu paket didalam Microsoft Office bersama dengan Microsoft Word dan Microsoft Power point.

Dengan menggunakan Microsof t Excel ini, maka aplikasi ini akan memberikan data perhitungan yang sangat akurat dan juga cepat, dengan begini maka Microsof t Excel ini akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan seseorang yang ada kaitannya dengan artimatik.

Microsoft Excel ini biasanya sering digunakan untuk menyusun sebuah data yang ada pada bidang akuntan dan juga membuat sebuah data dengan menggunakan tabel berbentuk spreadsheet.

Microsoft Excel ini sendiri didalamnya terdiri dari kumpulan baris dan juga kolom yang semuanya membentuk menjadi sebuah sel. Dengan begini, kita menjadi lebih mudah lagi saat memasukkan pada didalam sel tersebut dan bisa terhubung satu sama lain.

Didalam Microsof t Excel ini juga dilengkapi dengan adanya rumus atau formula yang bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan salah satu formula atau fungsi yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi Percentile.

Fungsi Percentile merupakan salah satu rumus kompatibilitas yang terdapat didalam Microsoft Excel  yang biasa digunakan untuk mengembalikan presentil nilai k-th yang berada didalam satu rentang. Rumus Percentile ini sangatlah berguna dalam meringankan beban pekerjaan seseorang, khusunya untuk mereka yang pekerjaanya ada kaitanya dengan fungsi kompatibilitas.

Untuk fungsi Percentile ini, memiliki sintaks =

Percentile(array,k)

yang memiliki pengertian berikut ini . array merupakan rentang data yang akan menentukan posisi relatif, sementara k ini merupakan nilai persenti dalam rentang 0..1, inklusif.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mengerjakan fungsi Percentile ini,diantaranya :

Apabila data yang anda inputkan berjenis non numewrik, maka Percentile ini akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #VALUE!

Apabila K < 0 atau K>1, maka nantinya Percentile akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #NUM!

Apabila K ini bukan kelipatan 1/(n-1), maka nilai Percentile akan menyisipkan untuk menentukan nilai di persentui ke-K.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kita lagsung saja mencoba masuk kedalam contoh soal yang ada dibawah ini

Contoh Soal Percentile pada Microsoft Excel:

Seperti biasa, langkah pertama yang harus anda lakukan adalag membuat tabel terlebih dahulu. Silahkan anda buat dua buah tabel pada Microsoft Excel, pada kolom pertama silahkan anda berkikan nama data. Untuk data sendiri ini, silahkan anda isi beberapa angka sesuai keinginan anda.

Lalu pada bagian kolom kedua, silahkan anda berikan nama Percentile, pada kolom ini nantinya akan kita isi kan rumus dari fungsi Percentile yang akan kita gunakan untuk menghitung nilai Percentile pada bagian data tadi. Silahkan anda lihat contohnya pada gambar dibawah ini.

 

Fungsi percetile
Fungsi percetile

 

Lalu, pada kolom Percentile silahkan anda maskan rumus berikut ini, = Percentile(A2:A5,0,3), lalu tekan enter, maka hasilnya akan muncul yakni 1,9. Maksud dari rumus itu adalah, Percentile ke-30 dari daftar yang telah anda buat tadi dalam rentang A2:A5.

 

Rumus percentile
Rumus percentile

 

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan cara menerapan fungsi Percentile pada Microsoft Excel ini ? anda bisa mengganti nilainya nanti sesuai dengan keinginan anda. demikian informasi dari kami tentang fungsi Percentile pada Microsoft Excel yang bisa kita bagikan, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *