Fungsi STDEV pada Microsoft Excel dengan Contohnya

Fungsi STDEV pada Microsoft Excel dengan Contohnya – Microsoft office merupakan salah satu aplikasi miliki perusahaan Microsoft Coorporation yang saat ini banyak digunakan oleh seseorang, baik dari kalangan pelajar hingga mereka yang bekerja di kantoran.

Microsoft office ini memiliki 3 aplikasi yang paling sering digunakan oleh seseorang, salah satunya adalah Microsoft Excel. Aplikasi Microsoft Excel merupakan sebuah program yang berbentuk spreadsheet yang biasa digunakan untuk kalkulasi angka maupun grafik.

Saat ini,Microsoft Office ini kompatibel dengan berbagai perangkat maupun OS, mulai dari Mac OS, Windows, hingga Android. Maka dari itu, semua orang bisa menjalankan aplikasi Microsoft Excel ini diberbagai perangkat yang mereka miliki.

Microsoft Excel biasa digunakan untuk pembuatan laporan keuangan kantoran, pembuatan grafik kinerja usaha, laporan nilai pelajar, hingga laporan pencarian traffic pada CSV juga bisa. Banyaknya kegunaan yang bisa dilakukan oleh Microsoft Excel ini tidak terlepas dari beberapa fitur yang ada didalamnya.

Microsoft Excel ini dilengkapi dengan sebuah fungsi atau formula yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan perhitungan. Dari berbagai macam fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel, yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi STDEV.

Sebelum masuk kedalam funsgi STDEV, sebaiknya kita kenali dulu apasih sebenarnya standar deviasi ? Standart deviasi atau biasa disebut sebagai simpangan baku, yakni berfungsi untuk mengetahui keragaman dari sebuah data yang berasal dari pengamatan.

Standart deviasi ini biasa digunakan dalam sebuah penelitian dengan cara mengambil sebuah sampel terlebih dahulu. Apabila nilai dari standart deviasi bernilai besar,maka datanya akan berbeda-beda atau biasa disebut heterogen.

Sementara, jika dari hasil perhitungan yang didapat adalah nilai standart deviasi rendah, maka data tersebut nantinya akan memiliki kesamaan atau nilainya tidak jauh berbeda, atau biasa disebut dengan homogen.

Untuk fungsi STDEV ini memiliki sintaks sebagai

STDEV(number1,[number2],…),

sintaks tersebut memiliki arti : number 1 adalah argumen angka pertama yang sesuai dengan sampel populasi. Sementara number 2, adalah argumen angka 2 sampai 25 yang berkiatan dengan satu sampel populasi.

Ada beberapa hal yang perlu anda pahami sebelum mencoba menerapkan fungsi STDEV, diantaranya :

  • Simpangan baku ini dhitung menggunakan metode n-1
  • Untuk argumennya, anda bisa menggunakan angka maupun nama
  • Sel yang kosong, atau ada nilai kesalahan dalam sebuah array aan diabaikan
  • Apabila data anda merepresentasikan seluruh populasi, maka untuk menghitung simpangan bakunya mengunakan STDEVP

Untuk lebih jelasnya, mendingan langsung saja kita masuk kepada contoh soal agar anda lebih memahami mengenai fungsi STDEV serta bisa memparaktekannya langsung.

Contoh soal fungsi STDEV pada Microsoft Excel

Langka pertama, silahkan anda membuat dua tabel yang ada didalam Microsoft Excel

Pada kolom pertama silahkan anda isikan nama data, dalam kolom ini silahkan anda masukan nilai bebas sesuai dengan keinginan anda

Lalu pada kolom kedua silahkan anda berikan nama STDEV yang isinya nanti kita masukan rumus atau fungsi STDEV

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak gambar dibawah ini

Fungsi STDEV
Fungsi STDEV

 

Lalu pada bagian kolom STDEV, silahkan anda masukan rumus =STDEV(A2:A11), dan tekan enter, maka akan muncul hasilnya yakni 103,2165469. Itu adalah simpangan baku dari data yang anda masukan tadi. Seperti gambar dibawah ini.

Rumus STDEV
Rumus STDEV

 

Demikian informasi dari kami tentang fungsi STDEV pada Microsoft Excel yang bisa kami bagikan,

semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu memecahkan masalah anda. baca juga Fungsi Percentile pada Excel di artikel kami yang lainnya

Terima Kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *