Fungsi IFERROR pada Excel dan Cara Menggunakannya Yang Perlu Kita Pelajari

Fungsi IFERROR pada Excel dan Cara Menggunakannya Yang Perlu Kita Pelajari – Microsoft Excel memang merupakan salah satu software pengolah angka yang sering kali digunakan oleh mereka yang bekerja di perkantoran, karena memang Microsoft Excel sangat cocok digunakan untuk menyimpan sebuah data baik itu tentang keuangan, karyawan, maupun yang lainnya.

Microsoft Excel telah dilengkapi berbagai rumus atau fungsi yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan anda agar lebih mudah lagi, salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu Fungsi IFERROR pada Excel.

Fungsi IFERROR pada Excel ini berfungsi untuk mengemabalikan sebuah nilah yang telah anda tentukan apabila rumus yang anda masukan mengevaluasi sebuah kesalahan. Atau menghasilkan sebuah nilai tertentu apabila rumus yang kita gunakan dalam Excel tersebut menghasilkan sebuah nilai kesalahan atau pesan error.

Seperti contohnya pada saat anda melakukan pembagian, jika salah satu kolom tidak diisi, maka akan muncul pesan kesalahan seperti #DIV/0!. Namun apabila rumus yang anda gunakan dalam microsoft Excel tersebut tidak mengeluarkan sebuah pesan yang menunjukkan kesalahan, maka hasil dari sebuah rumus tersebut akan menghasilkan sebuah nilai seperti yang kita kehendaki.

Nah Fungsi IFERROR pada Excel ini akan berfungsi untuk menghilangkan pesan kesalahan tersebut nantinya dari tabel hitungan anda, atau mungkin anda akan menggantinya dengan pesan kesalahan yang lebih menarik lagi juga bisa nantinya, sehingga para pengguna excel bisa mengetahui maksud dari kesalahan yang mereka buat itu. Penasaran caranya ? silahkan anda simak ulasan dibawah ini.

Rumus Penulisan IFERROR

IFERROR(value;value_if_error)

Dengan keterangan sebagai berikut :

  • Value merupakan sebuah nilai yang sedang diuji, apakah nilai tersebut dapat menghasilkan sebuah pesan error ataukah tidak.
  • Value_if_error merupakan sebuah tindakan apabila value atau rumus yang sedang diuji tersebut dapat menghasilakn pesan kesalahan atau error.

Cara Menggunakan Fungsi IFERROR pada Excel

  • Langkah pertama, silahkan anda buat kolom serta isinya sesuai seperti gambar dibawah ini :

Fungsi iferror

  • Selanjutnya, pada bagian kolom C3, silahkan anda masukan rumus pembagian =A3/B2 dan tekan enter.
  • Pastinya pada bagian kolom yang tidak ada lawan pembagiannya, akan memiliki pesan error #DIV/0!
  • Selanjutnya, pada bagian kolom C3 lagi, silahkan anda masukan rumus berikut ini : =IFERROR(A3/B3;””), lalu tekan enter
  • Setelah itu, silahkan anda tarik kebawah rumus tersebut, maka hasilnya pun juga akan berubah seperti yang ada dibawah ini :

Rumus iferror

  • Rumus tersebut memang berfungsi untuk menghapus pesan error dan menggantinya dengan “” yang maksudnya adalah kosong. Dan untuk bagian kolom ini pun nilainya nanti bisa anda ubah sesuai dengan keingginan anda.

Jika sebelumnya anda sudah pernah mempelajari tentang fungsi Rumus IF pada Excel, maka saya rasa belajar fungsi IFERROR ini anda tidak akan banyak menemui kesulitan, karena sama halnya dengan fungsi IF, fungsi IFERROR ini juga dapat menghasilkan sebuah nilai TRUE dan juga FALSE.

Dengan menggunakan fungsi ini Excel akan melakukan sebuah tindakan tertentu jika nilai yang sedang diuji tersebut mempunyai nilai benar (true), dan akan melakukan tindakan tertentu yang lainnya apabila nilai yang sedang diuji mempunyai nilai salah (false).

Mungkin cukup sekian dulu ya infromasi dari kami tentang Fungsi IFERROR pada Excel, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu masalah anda. Selamat mecoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *