Membuat Fungsi Check Box Absensi Siswa Dengan Excel

1 lagi cara pembuatan dokumen pembelajaran di sekolah dalam kursus microsoft excel ini. Sudah tidak diragukan lagi kesaktian dari Microsoft Excel, kehadirannya begitu sangat berguna, karena dapat membantu suatu pekerjaan dengan cepat dan tepat. Salah satu fungsi dari Excel yaitu fungsi Check Box akan kita terapkan pada sistem absensi siswa. Check Box adalah sebuah option yang bernilai dua kondisi, yaitu kondisi pilihan ya atau tidak. Apabila CheckBox dalam kondisi tercentang akan bernilai ya, dan jika CheckBox dalam kondisi tidak tercentang akan bernilai tidak. Fungsi Check Box ini tepatnya berada pada Tab developer.

Seperti yang diketahui, pada saat Bapak/Ibu Guru sedang melakukan cek absensi terhadap siswa, pengecekan tersebut dilakukan secara manual. Namun kini dengan bantuan Excel dapat meringankan salah satu tugas Bapak/Ibu Guru tersebut. Tugasnya hanya tinggal klik pada kotak Check Box maka akan mengartikan siswa tersebut hadir, Jika tidak di klik maka berarti siswa tersebut tidak hadir. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Menyiapkan data absensi siswa pada Excel, seperti berikut

Langkah ke 1 cara membuat absensi siswa semi otomatis dengan excel2. Selanjutnya kita masukan fungsi Check Box ke kolom Kehadiran atau sel D5, caranya pilih tab developer, pilih bagian insert, lalu pilih dan klik Check Box (tanda centang).

Langkah ke 2 cara membuat absensi siswa semi otomatis dengan excel3. Kemudian Arahkan Check Box ke sel D5, Lalu gunakan fungsi Auto Fill untuk mengisi fungsi Check Box pada sel D6 sampai D14, seperti tampilan berikut.

Langkah ke 3 cara membuat absensi siswa semi otomatis dengan excel4. Selanjutnya Klik kanan pada Check Box sel D5, lalu pilih Format Control. Kemudian pada jendela Format Control, Klik Tab Control dan isikan pada bagia Cell Link dengan tulisan G5, klik Ok, seperti tampilan berikut.

Langkah ke 4 cara membuat absensi siswa semi otomatis dengan excelCatatan : Lakukan hal yang sama pada Check Box sel D6 sampai sel D14.

5. Selanjutnya tempatkan kursor pada kolom Kehadiran tepatnya sel D5, kemudian masukan rumus =IF(G5=TRUE,”Hadir”,”Tidak Hadir”), hasilnya sebagai berikut.

Langkah ke 5 cara membuat absensi siswa semi otomatis dengan excelJika tanda Chek Box di klik atau centang, maka pada kolom Kehadiran akan berubah menjadi hadir, dan nilai pada sel G5 menjadi TRUE. Akan tetapi, Jika tanda Chek Box tidak di klik atau tidak di centang, maka pada kolom Kehadiran akan berubah menjadi Tidak Hadir, dan nilai pada sel G5 menjadi FALSE. Seperti tampilan berikut.

Langkah ke 6 cara membuat absensi siswa semi otomatis dengan excel6. Selanjutnya untuk mengisi Kolom Keterangan kita manfaatkan fungsi Combo Box, caranya pilih tab Data >> Data Validation >> Data Validation, kemudian pada Allow pilih List, dan isikan Izin,Sakit,Alpha,Lain-Lain pada Source, Klik OK. Seperti tampilan berikut.Langkah ke 7 cara membuat absensi semi otomatis dengan excel7.  Untuk Kehadiran dengan Check Box Tidak Hadir, kita pilih pada kolom keterangan dengan sakit, alpha dan izin. Seperti tampilan berikut.

Langkah ke 8 cara membuat absensi semi otomatis dengan excel8. Selanjutnya untuk mengisi bagian Total Siswa, Jumlah Hadir, dan Jumlah Tidak Hadir isikan dengan rumus beikut :

  1. Rumus Total Siswa (sel D16), =COUNT(B5:B14)
  2. Rumus Jumlah Hadir (sel D17), =COUNTIF(D5:D14, “HADIR”)
  3. Rumus Jumlah Tidak Hadir (sel D18), =D16-D17

Hasilnya sebagai berikut.

Hasil jadi absensi siswa semi otomatis menggunakan Check Box pada ExcelKesimpulan: Membuat absensi siswa dengan bantuan fungsi Check Box pada Excel tentunya sangat mudah, dan kegunaannya sangat membantu sekali. Ini lah satu lagi kesaktian dari fungsi developer dengan formula Check Box pada excel. Semoga bermanfaat.

9 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *