Memeriksa Jawaban Soal Pilihan Ganda dengan Excel

Memeriksa soal pilihan ganda dengan Excel, memang bisa? Pertnyaan itulah yang menjadi inti materi kursus microsoft excel online kita kali ini. Menyematkan nama “PINTAR” untuk Microsoft Excel memang sangatlah pantas, kehadirannya sangat membantu sekali terutama untuk dunia pendidikan. Karena Excel ini dapat dipakai untuk memeriksa jawaban dengan soal berupa pilahan ganda.

Untuk lebih jelasnya, mari kita memulai aksi memeriksa jawaban soal pilihan ganda pada Excel. Langkah pertama siapkan 2 buah lembar kerja (worksheet) sepeti berikut.

1. Lembar kerja pertama, beri nama “Hitung” yang isinya berupa tabel untuk menghitung nilai yang diperoleh dari soal pilihan ganda.

cara koreksi soal plihan ganda dengan microsoft exel2. Lembar kerja kedua, beri nama “Proses” yang isinya berupa tabel untuk memproses data nilai dari soal pilihan ganda. Misalkan telah diketahui data-datanya sebagai berikut.

langkah kedua koreksi soal pilhan ganda dengan rumus exelSetelah kedua lembar kerja disiapkan, langsung kita eksekusi. Masih pada lembar kerja kedua “Proses”, untuk mengisi Status (sel D7 smapi sel D11) kita masukan rumus berikut =IF(C7=””,””,IF(LEN(C7)=LEN(jawaban),”Ok”,IF(LEN(C7)>LEN(jawaban),”Lebih”,”Kurang”)))

Selanjutnya mengisi kolom Skor nilai (sel E7 sampai H11), terlebih dahulu isikan rumus =IF(E6<=LEN(C7),IF(MID(C7,E6,1)=MID(jawaban,E6,1),1,0),0), maka hasilnya sebagai berikut.

langkah ke tiga cara koreksi soal pilihan ganda dengan excelSetelah semua kolom pada lembar kerja kedua “Proses” terisi, selanjutnya beralih ke lembar kerja pertama “Hitung”. Pada sel B4 (jumlah soal) isikan rumus =LEN(Proses!C3), dan Skala nilai ketik secara manual saja, misalkan skala nilainya 100.

Kemudian untuk mengisi kolom nama siswa pada sel B7 isikan rumus =Proses!B7 dan Rincian jawaban pada sel C7 isikan rumus =IF(Proses!C7=””,””,Proses!C7), hal ini dilakuka agar nama siswa dan rincian jawaban dapat di isi secara otomatis dari lembar kerja “Proses” tanpa harus mengetik ulang.

langkah ke empat cara koreksi jawaban soal multiple choice dengan excelSelnjutnya untuk mengisi Total Skor pada sel D7 masukan rumus =SUM(Proses!E7:N7), gunakan fungsi Auto Fiil untuk mengisi sel D8 sampai sel D11, kemudian untuk mengisi kolom Nilai sel E7 masukan rumus =IF(D7=””,””,(D7/(B4*1))*C4), sama seperti Total Skor gunakan fungsi Auto Fill agar dapat terisi secara otomatis pada sel E8 sampai E11.

langkah ke lima cara koreksi soal multiple choice dengan microsoft excelSelanjutnya mengisi Jumlah, Nilai Terbesar, Nilai Terkecil dan Nilai Rata-rata masukan rumus :

  • Rumus Jumlah (sel D13), =SUM(D7:D11) dan jumlah sel E13, =SUM(E7:E11)
  • Rumus Nilai Terbesar (sel E14), =MAX(E7:E11)
  • Rumus Nilai Terkecil (sel E15), =MIN(E7:E11)
  • Rumus Nilai rata-rata (sel E16), =AVERAGE(E7:E11)

Maka hasilnya sebagai berikut.

Hasil koreksi jawaban soal multiple choice dengan rumus microsoft excelKesimpulan, dengan menggunakan Excel ini untuk memeriksa jawaban soal pilihan ganda tentu akan sangat membatu dan menghemat waktu, dibandingkan harus menghitung secara manual. Semoga bermanfaat.

17 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *