Menggunakan Fungsi Option Button dengan Excel

Apa kabar kawan-kawan semua? Kita berjumpa lagi, materi kursus online excel pada pertemuan ini adalah pembhasan tentang fungsi Option Button pada Excel, Apa sih kegunaan fungsi ini? Fungsi Option Button digunakan untuk menentukan suatu pilihan tertentu menurut keinginan, Misalnya memilih Hoby, dengan menggunakan fungsi Option Button kita tinggal memilih salah satu Hoby yang telah disediakan. Untuk lebih jelasnya kita langsung saja kepada prakteknya untuk memilih fungsi operasi seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Langkah pertama, siapkan data seperti pada tampilan Excel berikut.

cara menggunakan option tombol 1Kemudian pilih tab Developer > Insert > Pilih Option Button.

cara menggunakan option tombol excel 2Lakukan hal yanga sama hingga tampil 4 Option Button, dengan nama Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Kemudian letakan Option button tersebut pada data Hitung Dengan, penempatannya bebas sesuai keinginan, misalkan seperti tampilan berikut.

cara 3 menggunkan option tombol excelLangkah Selanjutnya klik kanan pada salah satu Option Button, pilih Format Control, maka akan tampil jendela seperti berikut.

cara ke 4 menggunkan option tombol excelKemudian isikan Cell link dengan C1, Klik OK, coba sekarang perhatikan di sel C1 akan muncul sebuah nilai yaitu 1 (untuk pilihan penjumlahan), jika pilih pengurangan maka pada sel C1 berubah jadi 2, itu artinya sel C1 merupakan data option yang terbaca.

Selanjutnya masukan rumus =IF(C1=1,C3+C4,IF(C1=2,C3-C4,IF(C1=3,C3*C4,IF(C1=4,C3/C4)))) pada sel C12, untuk mengetahui jumlah pada sel C12, isikan data pada sel C3 misal 8, dan pada sel C4 misal 4. Kemudian klik salah satu Option Button, misalkan Penjumlahan maka hasilnya harus 12, kan? Mari kita lihat tampilan berikut.

penggunaan option tombol microsoft exelDan ternyata benar, hasilnya adalah 12. Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi Option Button ini bisa memudahkan pengerjaan suatu data hanya tinggal memilih pilihan yang sudah disediakan. Agar Anda tidak penasaran, dari data di atas bisa pilih hitung dengan perkalian, Apkah hasilnya sama dengan perkalian menggunakan kalkulator atau menghitung manual. Selamat Mencoba.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *