Tips Membuat Nomor Urut Otomatis Dalam Excel

Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel – Excel merupakan sistem atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah angka yang banyak memberikan manfaat dalam kehidupan manusia untuk menunjang aktifitas harian manusia.

Microsoft Excel itu sendiri sudah umum diketahui oleh banyak orang, bahkan anak-anak SD juga sudah mulai mengetahui computer. Dan bagi anda yang sekolah di SMP, SMA, atau pun perguruan tinggi anda tentu lebih familiar dan sudah mengenal dengan baik bagaimana M.s Excel.

Selain berfungsi sebagai pengolah angka, ms Excel juga memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang banyak dibutuhkan dalam menunjang informasi keseharian manusia. Penggunaan ms Excel itu sendiri saat ini tidak hanya di komputer PC atau pun Laptop, tapi juga smartphone dengan platform berbasis windows, Macintos, dan lain sebagainya.

Ketika anda memiliki puluhan, ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu data, anda bisa memanfaatkan program aplikasi ms. Excel untuk membantu anda menyimpan data-data anda. Selain itu anda mungkin juga membutuhkan data yang sudah dikelompokkan. Nah dalam pengelompokkan data tersebut, anda tentu juga ingin bahwa data tersebut tersusun rapi berdasarkan nomor urut.

nomor urut otomatis 2.png

Nah, untuk mendapatkan data yang urut otomatis maka anda perlu mengetahui tips atau langkah membuat nomor urut otomatis dalam excel. Untuk itu simak informasi selengkapnya seputar cara membuat nomor urut otomatis dengan fungsi If berikut ini. sebenarnya  Pada tuorial sebelumnya mengenai cara Mengatur Nomor Urut Yang tidak Beraturan Dengan Rumus Excel sudah pernah dibahas, tutorial ini merupakan alternatif tutorial sebelumnya

Maksud membuat nomor urut otomatis adalah bahwa nomor urut tersebut akan terisi atau ada jika data sudah dimasukkan, jika data belum dimasukkan maka nomor urut tidak akan muncul. Di sini saya akan memberikan ilustrasi missal ada 3 kolom yang berisi data tentang nomor urut, nama, dan asal sekolah. Dan jika data pada kolom nama di isi, maka nomor urut akan muncul secara otomatis pada kolom nomor. Dalam membuat nomor urut dengan fungsi If ada dua cara yaitu ; 1) Nomor Urut otomatis dalam ecxel dengan fungsi IF dan COUNTA, 2) membuat nomor urut otomatis dalam excel dengan fungsi IF dan ROW.

Yang pertama saya ulas adalah membuat nomor urut dengan Fungsi IF dan Counta

Pada Cell A2 masukkan rumus

=IF(B2<>””;COUNTA($B$2:B2);””)

Rumus tersebut berarti jika cell B2 tidak sama dengan kosong maka cell A2 akan menampilkan nilai dari Counta COUNTA($B$2:B2), dan jika cell B2 tidak ada isinya maka cell A2 juga tidak akan muncul nomor urutnya. Mmebuat nomor urut otomatis dengan counta ini maka nomor urut yang ada pada data anda akan tetap urut meskipun data anda ada yang lompat baris.

nomor urut otomatis 1.png

Kedua, Cara Membuat Nomor Urut Otomatis dengan Fungsi IF dan ROW

Dengan data yang sama seperti contoh gambar di atas, masukkan rumus berikut ini pada cell A2:

=IF(B2<>””;ROW()-1;””)

Maksud dari rumus terebut adalah jika Cell B2 ada isinya (tulisan), maka cell A2 akan menampilkan nomornya dari nilai ROW()-1. Sebaliknya jika cell B2 kosong maka cell A2 juga akan kosong dan tidak menampilkan nomor urut.

Kegunaan cara yang kedua ini berbeda dengan yang pertama, cara yang kedua ini berfungsi untuk menampilkan nomor urut berdasarkan baris yang diisi, dan jika barisnya ada yang loncat maka nomor urutnya juga akan loncat.

Itu tadi informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat nomor urut otomatif dalam excel dengan fungsi IF, semoga bermanfaat buat anda semua, terima kasih.

 

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *