Bagaimana Cara Menggunakan Formula R1C1 Dalam Excel Macro

Excel Macro kita kali ini adalah tentang formal R1C1. Seperti yang kita ketahui disini bawah dalam artikel ini, Anda akan banyak belajar fungsi Formula R1C1. Karena fungsi ini sering digunakan oleh Anda yang sedang memiliki sheet pekerjaan pada kantor Anda dan ini tentunya dapat sangat membantu pekerjaan Anda sehingga membuatnya semakin mudah saja. Dan tentunya Anda akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai fungsi dari cara kerja ini sehingga kedepannya Anda bisa menggunakannya dengan muda lagi Dan jika Anda mendapatkan kesempatan untuk membantu orang, ajarkanlah kepada orang lain cara mudah ini agar Anda bisa lebih mahir lagi tentunya.  Disini, kami akan memberikan sedikit ilustrasi bagaimana penggunaan dari fungsi ini dalam sistem Excel VBA macro.

1. Coba Anda ketikan formula berikut ini dalam worksheet Anda dan buatkanlah tulisan coding tersebut dalam kolom dan baru A1.

Range(“D4”).Formula = “=B3*10”

Dan hasil keluarannya akan muncul seperti ini.

Fungsi FormulaR1C1

 

2. Tambakan lagi beberapa tulisan kode dibawah ini.

Range(“D4”).FormulaR1C1 = “=R3C2*10”

Hasil yang Nampak akan kira kira seperti dibawah ini.

Fungsi FormulaR1C1

Dan penjelasan mengenai sel dari D4 yang memiliki reference dari sel B3 ( baris ke 3 dan kolom ke 2 ). Ini memperlihatkan sebuah absolute reference yang telah dibuat dan ( $ sebagai symbol yang berada pada inputan sebelum menuliskan rumus dari B3*10 ) agar fungsi ini dapat berjalan dengan baik dan tidak terjadi error.

3. Menambahkan coding lagi dibawah tulisan seperti ini pada tipe R[1]C[1].

Range(“D4”).FormulaR1C1 = “=R[-1]C[-2]*10”

Dan hasilnya akan kira kira yang muncul akan seperti yang dibawah ini juga.

Fungsi FormulaR1C1

Dan penjelasan mengenai sel dari D4 terjadi referensasi dengan sel B3 ( satu baris diatasnya diikuti dengan 2 kolom disamping kirinya ) dan inilah yang sering disebut dengan Relative reference dalam macro excel. Dan ini akan memberikan Anda hasil output yang hampir sama dengan pada step pertama seperti yang sudah Anda lihat diatas.

4. Kenapa sih Anda harus belajar mengenai ini ? dikarenakan marcro recorder menggunakan formula dari R1C1 dimana sering disebut dengan R[1]C[1]. Dan ini dapat membuat hasil out seperti dibawah ini jika Anda membuat forumula =B3*10 jika Anda input pada sel D4.

Fungsi FormulaR1C1

Sekian informasi dari rumus excel, semoga informasi ini berguna jika Anda ingin belajar penerapan formula R1C1 dalam excel macro Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *