Belajar VBA Excel untuk Membuat Input Box

Belajar VBA Excel kali ini akan memperkenalkan Anda kepada Input Box. Lalu apa sebenarnya Input Box itu sendiri? Fungsi InputBox membantu pengguna untuk mendapatkan nilai-nilai. Setelah memasukkan nilai, jika pengguna mengklik tombol OK atau menekan ENTER, fungsi InputBox akan mengembalikan teks dalam kotak teks. Jika pengguna mengklik tombol Cancel , fungsi akan mengembalikan string kosong (“”).

Contoh syntax dari fungsi Input Box:

InputBox(prompt[,title][,default][,xpos][,ypos][,helpfile,context])

  • Prompt: Sebuah parameter yang diperlukan. Sebuah String yang ditampilkan sebagai pesan dalam kotak dialog. Panjang maksimum dari prompt ini adalah sekitar 1024 karakter. Jika pesan pesan meluas ke lebih dari satu baris, maka kita dapat memisahkan baris menggunakan karakter carriage return (Chr (13)) atau karakter linefeed (Chr (10)) antara setiap baris.
  • Title: Sebuah Parameter Opsional. Ekspresi String yang ditampilkan di bar judul kotak dialog. Jika judul dibiarkan kosong, nama aplikasi ditempatkan dalam judul bar.
  • Default: Sebuah Parameter Opsional. Sebuah teks default di kotak teks yang ingin ditampilkan oleh user.
  • XPos: Sebuah Parameter Opsional. Posisi sumbu X yang mewakili jarak yang dikonfirmasi dari sisi kiri layar horizontal. Jika dibiarkan kosong, kotak input akan secara horizontal terpusat.
  • Ypos: Sebuah Parameter Opsional. Posisi Y axis yang mewakili jarak yang dikonfirmasi dari sisi kiri layar vertikal. Jika dibiarkan kosong, kotak input akan secara vertikal terpusat.
  • helpfile: Sebuah Parameter Opsional. Ekspresi String yang mengidentifikasi file Help yang digunakan untuk memberikan bantuan untuk menunjukkan konteks yang sensitif.
  • context: Sebuah Parameter Opsional. Sebuah ekspresi numerik yang mengidentifikasi nomor yang diberikan oleh Help. Jika konteks disediakan, helpfile juga harus disediakan.

Berikut adalah contohnya untuk Belajar VBA Excel. Kita akan menghitung luas persegi panjang dengan memasukkan nilai-nilai dari pengguna pada waktu yang bersamaan dengan bantuan dua kotak input (satu untuk panjang dan satu untuk lebar).

Function findArea()

  Dim Length As Double

  Dim Width As Double

  Length = InputBox(“Enter Length “, “Enter a Number”)

  Width = InputBox(“Enter Width”, “Enter a Number”)

  findArea = Length * Width

End Function

untuk mengeksekusinya, kita perlu memanggil menggunakan nama fungsi dan tekan Enter dan akan menunjukkan hasil seperti gambar di bawah.

Belajar VBA Excel untuk Membuat Input Box

Setelah Eksekusi, Kotak input Pertama (Panjang) ditampilkan dan pengguna harus memasukkan nilai ke dalam kotak masukan.

Belajar VBA Excel untuk Membuat Input Box

Setelah memasukkan nilai pertama, kotak input kedua (lebar) ditampilkan kepada pengguna.

Belajar VBA Excel untuk Membuat Input Box

Setelah memasukkan nomor kedua dan mengklik tombol OK, maka area ditampilkan kepada pengguna seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Belajar VBA Excel untuk Membuat Input Box

Masukkan nilai lain jika Anda ingin untuk Belajar VBA Excel.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *