Ketahui Perbedaan dari RANGE() dan CELLS() Pada VBA Excel 2007

VBA Excel 2007 merupakan kode yang menarik untuk dipelajari untuk Anda yang tertarik untuk memahami excel macro. Jika Anda pernah mencoba untuk membaca dan memahami kode VBA, Anda akan melihat dua cara yang sering digunakan pada metode excel macro, yakni RANGE() dan CELLS(). Keduanya ini memiliki perbedaan. Contohnya ketika Anda merujuk suatu nilai pada cell D4, maka Anda bisa menggunakan metode Range(“B4″).Value. Sedangkan untuk fungsi CELLS() bisa digunakan misalnya untuk mengetahui nilai yang sama dari cell B4, seperti Cells(2, 4).Value di mana 2 adalah cell dan 4 adalah kolom.

Meskipun dari contoh di atas sepertinya keduanya sama karena mereka digunakan untuk merujuk sebuah cell di sheet excel, tetapi pada kenyataannya RANGE() dan CELLS() tidaklah sama. CELLS adalah properti dari RANGE atau WorkSheet atau Application Objects sementara RANGE sendiri merupakan Obyek. CELLS mengembalikan Object Range. CELLS dapat digunakan tanpa parameter atau satu parameter yang melewati di dalamnya. Karena CELLS sendiri bisa menjadi milik WorkSheet atau objek Range, karena itu CELLS memberikan hasil berdasarkan apa yang dilihat oleh objek. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan kode RANGE dan CELLS pada VBA Excel 2007.

Range(“C3:F10″).Cells: Ini akan mengembalikan semua cell dari Range (C3: F10) dari C3 ke F10.

Range(“C3:F10″).Cells(1, 2): Ini akan mengembalikan cell di First Row (1) dan kolom kedua (2) dari Range (“C3: F10”). Oleh karena itu (“C3:F10″).Cells(1, 2) akan kembali ke Range(“D3″). 3

Range(“C3:F10″).Cells(3): Dalam cell ketika hanya ada satu parameter maka secara default dianggap sebagai cell pertama dan parameter yang lolos adalah kolom. Oleh karena itu Range(“C3:F10″).Cells(3) sama dengan Range(“C3:F10″).Cells(1, 3).

Seperti yang Anda tahu objek dari RANGE mengacu pada cell atau cell range dengan urutan baris dan nama kolom cell yang paling berguna ketika Anda harus merujuk cell / Range di dalam loop. Dalam hal ini maka cell sangat berguna, karena terdapat dua parameter yang numerik di sini dan Anda dapat menggunakannya untuk loop .Untuk itu, Anda bisa mempraktekkan baris kode di bawah ini:

Sub Cell_Traverse()

Dim iRow

Dim iCol

For iRow = 1 To 5 ‘traverse across rows

   For iCol = 1 To 5 – traverese across columns in a Row

      Cells(iRow, iCol).Value = iRow & ” , ” & iCol

   Next

Next

End Sub

Kode di atas akan menampilkan tampilan seperti berikut di VBA Excel 2007.

VBA Excel 2007

Begitulah pelajaran macro pada rumus excel kali ini. Pada awal mengenalnya, memang terasa sangat sulit, namun ketika sudah dikuasai, VBA dalam excel ini benar benar sangat berguna.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *