Menambahkan Tombol Pada Macro VBA Excel

Macro VBA Excel menyimpan banyak kemudahan. Setelah Anda mengetahui bagaimana membuat Sub dengan sederhana, pada tutorial kali ini Anda akan mengaktifkan sebuah tombol pada spreasheet excel. Caranya pun tergolong mudah.

Di bagian atas VBA Editor, cari ikon Excel, tepat di bawah menu File.

Macro VBA Excel

Klik ikon ini untuk kembali ke spreadsheet Anda. Kita sekarang akan menempatkan tombol kontrol pada spreadsheet. Cari Controls panel pada toolbar Developer, dan kemudian klik item Insert. Dari menu Insert, klik item pertama, yang merupakan tombol:

Macro VBA Excel

Sekarang pindahkan mouse Anda ke spreadsheet Anda. Tahan tombol kiri mouse Anda di suatu tempat pada kolom F (biasanya akan jatuh pada F3). Tetap tahan dan tarik maka akan tercipta sebuah tombol persegi panjang. Lepaskan tombol kiri mouse saat kursor Anda di H4

Segera setelah Anda melepaskan tombol kiri mouse Anda akan melihat kotak dialog Assign Macro muncul pada Macro VBA Excel;

Macro VBA Excel

Pilih Macro Anda dari daftar dan klik OK. Tombol pada spreadsheet Anda akan terlihat seperti ini:

Macro VBA Excel

Anda dapat mengedit teks pada tombol dengan cukup mudah. Klik tombol kanan untuk memunculkan sebuah menu. Dari menu, pilih Edit Text:

Macro VBA Excel

Bila Anda pilih Edit Text, kursor akan muncul pada awal teks. Gunakan tombol panah pada keyboard untuk memindahkan kursor ke akhir baris. Hapus Button 1 dan ketik Range(“A1:D6”).

Macro VBA Excel

Pindahkan kursor keluar dari tombol tersebut, Anda akan melihat garis pengaturan ukuran tombol akan menghilang. Sekarang Anda dapat menguji tombol. Klik tombol tersebut, lalu Anda akan melihat cell A1 ke D6 disorot:

Macro VBA Excel

Selamat! Sekarang Anda telah menulis sebuah kode VBA Excel untuk memilih kisaran cell pada spreadsheet. Dan semua hanya dengan sebuah klik tombol. Sekarang kembali ke Visual Basic Editor (Dari toolbar Developer, klik Visual Basic pada panel Code.) Beri tanda kutip pada awal kode Range Anda, dan ini akan berubah menjadi hijau.

Macro VBA Excel

Mudah bukan membuat tombol pada Macro VBA Excel. Begitulah kehebatan rumus excel dalam membantu kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *