Mengatasi Program Macro Excel yang Error

Program macro excel menjadi topik yang sangat menarik untuk di bahas. Setelah Anda mengetahui macro, maka Anda akan mengetahui betapa mudahnya Anda mengerjakan semua pekerjaan Anda yang menumpuk menggunakan macro. Macro akan meringkas semua cara kerja Anda. Banyak trik yang bisa Anda gunakan, dari pemrograman yang mengajarkan Anda mengenali kondisi If hingga mengajari Anda melakukan pengulangan atau yang lebih dikenal di dalam bahasa pemrograman adalah loop. Lalu bagaimana ketika Anda memasukkan kode yang error? Tak perlu khawatir karena di dalam tutorial ini akan diajarkan bagaimana mengurus eksekusi yang error. Untuk mengatasi program error ini, mari kita membuat beberapa kesalahan.

Tuliskan kode di bawah ini:

x = 2

Range(“A1”).Value = x

1. Klik command button pada sheet. Anda akan mendapatkan hasil di bawah ini:

Mengatasi Program Macro Excel yang Error

2. Klik OK.

Variabel x tidak didefinisikan. Karena kita menggunakan pernyataan Option Explicit pada awal kode kita, kita harus mendeklarasikan semua variabel kita. Program macro Excel telah mewarnai x dengan warna biru untuk menunjukkan kesalahan.

3. Dalam Visual Basic Editor, klik Reset untuk menghentikan debugger.

Mengatasi Program Macro Excel yang Error

4. Perbaiki kesalahan dengan menambahkan baris kode berikut di awal kode:

Dim x As Integer

Anda mungkin pernah mendengar tentang teknik yang disebut debugging sebelumnya. Dengan teknik ini Anda dapat melangkah melalui kode Anda.

5. Dalam Visual Basic Editor, tempatkan kursor sebelum Private dan tekan F8.

Baris pertama menjadi kuning.

Mengatasi Program Macro Excel yang Error

6. Tekan F8 tiga kali lagi.

Mengatasi Program Macro Excel yang Error

Maka kesalahan berikutnya akan muncul:

Mengatasi Program Macro Excel yang Error

Range object di sini memiliki sifat yang disebut Value atau Nilai yang sudah dibahas pada tutorial yang lalu. Mengapa terjadi error? karena Value tidak di-eja dengan benar di sini. Jika Anda perhatikan dengan baik ada kealahan penulisan Value di sini.  Debugging adalah cara yang bagus untuk tidak hanya menemukan kesalahan, tetapi juga memahami kode yang lebih baik. Dan coba Anda perbaiki penulisan Value di sini dan Anda akan makin memahami program macro excel.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *