Mengenal Debugging Pada VBA Macro Excel Programming

VBA macro excel programming juga merupakan salah satu tutorial yang akan dibahas pada ulasan kali ini. Pemrograman sangat penting untuk menguasai excel secara keseluruhan. Ketika Anda mengenal sedikit pemrograman pada excel, maka Anda bisa menguasai semua seluk beluk dari program Microsoft Excel ini. Alhasil semua pekerjaan Anda akan sangat mudah untuk dikerjakan, karena ini akan menghemat waktu Anda. Salah satu hal yang paling penting untuk dikenal di dalam bahasa pemrograman adalah debugging. Dengan menekan F8, Anda dapat dengan mudah  melangkah melalui kode Anda. Ini sangat berguna karena memungkinkan Anda untuk melihat efek dari setiap baris kode pada lembar kerja Anda. Untuk belajar melakukannya, tuliskan kode di bawah ini:

Dim i As Integer, j As Integer

For i = 1 To 2

    For j = 1 To 5

        Cells(i, j).Value = WorksheetFunction.RandBetween(20, 100)

    Next j

Next i

Hasil yang akan Anda dapatkan ketika Anda mengklik command button pada sheet.

Mengenal Debugging Pada VBA Macro Excel Programming

  1. Kosongkan range A1:E2.
  2. Buka Visual Basic Editor dan kurangi ukuran jendela hingga setengah layar Anda sehingga Anda bisa dengan jelas melihat Visual Basic Editor dan worksheet pada waktu yang bersamaan.
  3. Dalam Visual Basic Editor, tempatkan kursor sebelum Private dan tekan F8. Maka Anda akan mendapatkan baris pertama VBA macro excel programming akan berubah menjadi kuning.

Mengenal Debugging Pada VBA Macro Excel Programming

  1. Tekan F8 empat kali. Untuk i = 1 dan j = 1, Excel VBA akan memasukkan nomor acak antara 20 dan 100 ke dalam cell pada persimpangan baris 1 dan kolom 1. Dengan mengarahkan kursor pada variabel, Anda dapat melihat nilai variabel itu sendiri.

Mengenal Debugging Pada VBA Macro Excel Programming

  1. Tekan F8 dua kali. For i = 1 dan j = 2, Excel akan memasukkan nomor acak antara 20 dan 100 ke dalam cell pada persimpangan baris 1 dan kolom 2.

Mengenal Debugging Pada VBA Macro Excel Programming

Ini adalah serangkaian cara bagaimana Excel memasuki nomor lain. Ini adalah cara lain yang terbaik untuk belajar bagaimana loop itu sendiri bekerja. Jika Anda ingin menghentikan program, klik tombol Reset (Stop) pada VBA macro excel programming.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *