Mengenal Lebih Dekat Pengaturan Kontrol VBA Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu produk yang paling canggih yang pernah diproduksi oleh pabrikan perangkat lunak terbesar di dunia Microsoft, bersanding dengan perangkat lunak tulisnya yang bertajuk Microsoft Word. Untuk dunia kerja, produk Microsoft ini memang sudah tak bisa dipisahkan lagi perannya. Program ini sudah sangat identik dengan program administrasi dan program untuk pembukuan. Tidak hanya dapat membantu Anda dalam melakukan pembukuan dan administrasi saja, namun di dalam Excel ini Anda diberikan semua otoritas untuk mengatur data Anda dengan cara sedemikian mudahnya.

Salah satu cara yang paling terkenal adalah excel macro. Di dalam alat yang dikenal macro ini Anda bisa melakukan trik ‘sulap’ yang mana hanya dengan beberapa klik di sana sini, Anda bisa meringkas semua pekerjaan yang membutuhkan waktu berjam-jam ketika dikerjakan secara manual. Alat macro ini dibantu dengan alat lain yang bernama VBA atau Visual Basic Application. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, ada baiknya kita mengenal lebih dekat VBA. Masing-masing dan kontrol setiap VBA pada Microsoft Excel memiliki pengaturan bawaannya sendiri, seperti Control, height, width, Caption, color, background, font Color dan lain-lain. Dalam Excel selain Semua kontrol VBA seperti Command Button, Button Radio, Textbox, WorkSheet Anda juga memiliki kontrol sendiri.

Jadi mari kita lihat bagaimana kita dapat melihat dan mengubah kontrol yang ditambahkan pada WorkSheet Anda.

  1. Di bawah WorkSheet Excel ini kita memiliki 2 kontrol, 1 Command Button dan Satu Satu Combobox.

Microsoft Excel

Tekan Klik kanan pada Control yang ingin Anda lihat atau ubah sifat dari kontrol itu.

  1. Klik Properties

Microsoft Excel

  1. Jendela Properti terlihat sekarang. Di atas Anda dapat melihat semua Control yang ditambahkan ke dalam WorkSheet Anda bersama dengan Sheet Name. Secara default, kendali kontrol yang diberikan kepada Anda akan jatuh di tempat di mana Anda telah mengklik kanan dan memilih “Properties”. Dari sini Anda dapat memilih salah satu kontrol yang ingin Anda lihat di Property.

Microsoft Excel

  1. Dalam Gambar di atas Anda dapat melihat properti dari CommandButton1 yang telah ditampilkan.

Microsoft Excel

Di Atas Anda dapat melihat ada properti yang disebut “Name”. Ini adalah nama dari Control itu. Nama ini harus selalu unik dalam Workbook Excel sebagai penanda dari kontrol yang telah Anda ubah.

Menjadi kebiasaan yang baik untuk mengubah nama kontrol Anda berdasarkan fungsinya. Sehingga ketika Anda memiliki banyak kontrol, maka sangat mudah nantinya mengingat nama-nama kontrol saat menulis kode di dalam Microsoft Excel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *