Mengenal Range Object di VBA Excel 2007

VBA Excel 2007 masih menjadi topik yang tidak akan pernah habis kita bahas hari ini, dan pada ulasan kali ini, kita akan membahas tentang Range Object di dalam Excel 2007. Sebelum kita membahas tentang Range Object secara teknis, mari kita lihat apa yang dapat Range lakukan di dalam Excel. Dalam cara yang sangat sederhana jika diartikan, Range adalah kumpulan baris yang berurutan. Kumpulan ini dapat memiliki satu atau lebih dari satu baris.

Seperti yang telah didefinisikan pada pembahasan rumus excel tentang macro sebelumnya, Range adalah kumpulan baris, tapi mengapa secara berurutan? Misalkan kita memiliki kombinasi baris A1, B2, D7 dan E9. Dapatkan urutan ini disebut sebagai baris Range? Tidak, ini tidak dapat kita sebut sebagai urutan Range, karena urutan dalam baris ini sangat tidak berurutan. Jika kita memiliki baris A1, B1, C1 dan D1 maka kita bisa mengatakan bahwa ini adalah Range A1 ke D1. Urutan baris dapat dijajarkan secara Vertikal atau Horizontal atau keduanya pada saat yang sama yang akan mewakili rentang dalam format tabular. Berikut ini akan disajikan bagaimana mengoperasikan Range Object pada VBA Excel 2007.

Tempatkan command Buton pada lembar kerja Anda dan tambahkan baris kode seperti berikut ini:

Range(“A1:A4″).Value = 2

Maka yang akan Anda dapatkan dari hasil ini adalah:

VBA Excel 2007

Jika Anda mengetikkan kode Range(“A1:B4″).Value = 5

Maka yang akan Anda dapatkan adalah hasil

VBA Excel 2007

Jika Anda mengetikkan kode Range(“A1:A2,B3:C4″).Value = 10

Maka yang akan Anda dapatkan adalah hasil

VBA Excel 2007

Dari contoh di atas, Anda akan mengetahui bahwa Range sendiri dapat dapat menyimpan satu atau lebih dari satu baris. Ketika Range memegang sebuah baris tunggal seperti Range (“A1”) maka baris ini akan memiliki nilai tunggal yang dapat disimpan dalam variabel dengan mudah. Dengan metode Range Object di atas, tentu pekerjaan Anda akan sangat dimudahkan dan Anda akan makin menguasai semua rahasia Microsoft Excel terutama untuk kategori VBA Excel 2007.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *