Menggunakan Macro VBA Excel untuk Membuat Chart

Macro VBA Excel selain dapat digunakan untuk menghasilkan beberapa keajaiban dasar untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda, juga dapat berguna untuk membuat grafik. Pada tutorial ini, Anda akan belajar bagaimana untuk memanipulasi grafik dengan VBA. Ada dua jenis grafik yang dapat Anda manipulasi menggunakan VBA. Yang pertama adalah grafik lembaran, dan yang kedua adalah grafik tabel. Grafik bentuk lembaran adalah lembaran terpisah di buku kerja Anda, dengan tab tersendiri yang Anda klik di bagian bawah Excel. Sedangkan sebuah grafik tabel adalah salah satu yang dimasukkan ke lembar kerja. Kedua jenis grafik ini menggunakan kode yang sedikit berbeda. Kami akan berkonsentrasi pada grafik tabel. Untuk membuat grafik lembaran, mulai dengan menggunakan spreadsheet baru. Masukkan beberapa data dalam sel A1 ke B11. Sesuatu seperti berikut:

Menggunakan Macro VBA Excel

Klik Developer > Visual Basic untuk mendapatkan jendela coding. Buat Sub baru dalam Sheet 1. Beri nama ChartSheetExample. Tambahkan baris berikut:

Dim ChartSheet1 As Chart

Kode Anda akan terlihat seperti ini:

Menggunakan Macro VBA Excel

Jadi kita sekarang tidak menggunakan jenis variabel Integer atau string jenis variabel, kita sekarang memiliki tipe Chart. Untuk menambahkan lembar grafik, yang Anda butuhkan adalah panggilan ke metode penjumlahan. Namun, kita akan mengatur variabel ChartSheet1 sebagai objek, sehingga kita dapat mengakses berbagai properti dan metode. Tambahkan baris berikut ke kode Macro VBA Excel Anda:

Set ChartSheet1 = Charts.Add

Sekarang tambahkan statemen With … End With

With ChartSheet1

End With

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menambahkan data untuk grafik. Untuk melakukan itu, Anda perlu metode SetSourceData. Metode ini mengambil parameter yang disebut Source. Parameter Source membutuhkan data dari cell untuk mengambil data. Berikut kode yang bisa ditambahkan.

With ChartSheet1

.SetSourceData Source:=Sheets(“Sheet1”).Range(“B1:B11”)

End With

Setelah Source:= kita memiliki kode ini Sheets(“Sheet1”).Range(“B1:B11”). Kode ini akan mendapatkan referensi ke lembar kerja yang disebut  “Sheet1”. Range cell yang kita inginkan adalah sel B1 ke B11. Jendela coding Anda akan  terlihat seperti ini:

Menggunakan Macro VBA Excel

Anda dapat menjalankan kode Anda pada tahap ini. Tekan F5 pada keyboard Anda, atau klik Run> Run Sub/User Form dari menu di bagian atas jendela VBA. Anda akan menemukan bahwa lembar baru terbuka di Macro VBA Excel seperti ini:

Menggunakan Macro VBA Excel

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *