Menggunakan VBA Excel 2007 untuk Membuat Grafik Garis

VBA Excel 2007 seperti yang kita ketahui dapat menciptakan sebuah grafik. Dalam tutorial ini Anda akan melihat bagaimana untuk menambahkan grafik XY di Excel 2007. Kita akan menggunakan data yang sama seperti pada tutorial yang lalu yang juga membuat grafik lembaran. Buat Sub baru di jendela coding Anda. Sebut saja EmbeddedChartExample. Untuk grafik dalam bentuk garis ini, Anda membutuhkan referensi yang sedikit berbeda. Untuk ini, bisa menggunakan referensi sebagai berikut:

Application.Workbook.Chart

Karena grafis dalam bentuk garis ini akan tertanam pada lembar kerja Anda, maka Anda membutuhkan referensi ke objek Worksheet:

Application.Workbook.Worksheet.ChartObject

Perhatikan bahwa grafik ini adalah ChartObject bukan hanya grafik. Bila Anda menambahkan grafik ini pada lembar kerja Anda, maka tambahkan mereka ke Chart Objects. Kesulitan lain adalah bahwa grafik tipe ini sekarang memiliki bentuk. Dan untuk memulai ini, Anda harus mendirikan sebuah jenis Chart dengan kode berikut:

Dim MyEmbeddedChart As Chart

Tambahkan kode ini untuk membuat grafik menjadi benar-benar grafik garis:

Set MyEmbeddedChart = ActiveSheet.Shapes.AddChart.Chart

Sekali lagi, kita menggunakan Set untuk mengatur sebuah objek, kali ini disebut MyEmbeddedChart. Perhatikan apa yang terjadi setelah tanda sama dengan

ActiveSheet.Shapes.AddChart.Chart

Kita mulai dengan referensi lembar kerja, yang dapat disebut ActiveSheet. Selanjutnya, kita perlu koleksi Shapes. Setelah Shapes, kita menggunakan metode AddChart. Anda dapat memiliki kurung bulat setelah AddChart. Antara kurung bulat, Anda dapat menentukan jenis grafik yang ingin Anda tambahkan. Seperti ini:

ActiveSheet.Shapes.AddChart(xlXYScatter).Chart

Anda juga dapat menentukan lokasi dan ukuran untuk grafik Anda antara kurung AddChart:

AddChart(Left:=200, Width:=300, Top:=50, Height:=300)

Kelima parameter ini opsional. Jika Anda kehilangan kurung bulat, VBA Excel 2007 memberikan grafik default, yang biasanya bisa Anda temukan di biasanya bagan kolom. Jika Anda ingin memilih jenis grafik, Anda dapat menambahkan baris baru.

MyEmbeddedChart.ChartType = xlXYScatter

Atau gunakan With Statement, seperti yang kita lakukan sekarang. Tambahkan kode berikut untuk Sub Anda:

Set MyEmbeddedChart = ActiveSheet.Shapes.AddChart.Chart

With MyEmbeddedChart

.SetSourceData Source:=Sheets(“Sheet1”).Range(“B2:B11”)
.ChartType = xlXYScatterLines

End With

Jendela coding Anda akan terlihat seperti ini:

VBA Excel 2007

Ini kurang lebih sama seperti yang Anda lakukan untuk membuat grafik lembaran. Untuk ini, ChartType adalah xlXYScatterLines. Sebuah grafik XY ini akan terlihat seperti ini ketika Anda menjalankan kode tersebut:

VBA Excel 2007

Inilah hal luar biasa yang bisa dilakukan VBA Excel 2007

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *