Pengenalan Fungsi Macro Pada Excel 2010

Setelah kita mengenal macam macam fungsi rumus pada excel, tentunya fungsi yang satu ini perlu juga untuk dipelajari. Ya, fungsi macro. Macro adalah Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang dilakukan pada program Excel. Alat bantu yang digunakan dalam pembuatan perintah maupun perekaman Macro adalah dengan menggunakan Visual Basic Editor.

Contoh kegunaan macro adalah apabila kita melakukan pekerjaan yang banyak dan dilakukan secara manual. Dari pada kita membuang-buang waktu dengan mengerjakan pekerjaan yang banyak secara manual, kita bisa merekamnya dengan fungsi macro kemudian melakukan sedikit modifikasi. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan berjam-jam dapat selesai hanya dengan sekali klik saja. Sangat efisien bukan?

Fungsi Macro ini tepatnya berada pada tab Developer. Pertanyaannya, bagaimana cara mengaktifkan tab developer tersebut? Pada praktek ini akan mengaktifkan tab developer pada Microsoft Excel 2010. Mari ikuti langkah berikut.

1. Buka Microsoft Excel, kemudian arahkan kursor ke pojok kiri atas layar PC atau laptop, klik pada tab file, pilih Option (tepatnya berada dibawah Help).

Mengaktifkan fungsi macro pada tab developer excel 20102. Kemudian pilih pada bagian Customize Ribbon, pada Main Tabs centang developer, klik OK

memunculkan tab developer fungsi macro excel 20103. Maka akan tampil pada tab berupa tab developer, seperti terlihat pada gambar berikut.

tombol tab developer untuk fungsi macro pada excel 2010

Sangat mudah bukan? Pada tab developer tersebut terdapat fungsi macro dan fungsi lainnya, seperti record macro, macro security, visual basic dan use relative references.

Kesimpulan, pada pertemuan kali ini hanya membahas pengenalan macro pada excel dan bagaimana cara pengaktifan fungsi macro yang terdapat pada tab developer. Untuk pertemuan selanjutnya kita akan membahas penggunaan dasar excel macro tersebut, jadi sabar ya.. sampai jumpa pada kesempatan kurusus excel onlineĀ  berikutnya.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *