Tutorial Excel: Bagaimana Membuat Loop Menggunakan VBA

Tutorial Excel kali ini akan menjelaskan bagaimana melakukan looping menggunakan VBA. Looping adalah salah satu teknik pemrograman yang paling kuat. Menciptakan loop di dalam Excel VBA memungkinkan Anda untuk melakukan loop melalui beragam cell dengan hanya beberapa baris kode. Di dalam excel VBA sendiri di kenal ada empat macam loop yang antara lain adalah: Single Loop, Double Loop, Triple Loop, Do While Loop yang masing-masing dari dua  loop ini akan dijelaskan secara terperinci pada ulasan kali ini.

Single Loop

Anda dapat menggunakan s single loop untuk melakukan loop melalui satu macam cell. Untuk melakukannya mudah saja, Anda tinggal menulis kode di bawah ini:

Dim i As Integer

For i = 1 To 6

Cells(i, 1).Value = 100

Next i

Hasil yang akan Anda dapatkan ketika Anda mengklik command Buton pada sheet kerja Anda:

Tutorial Excel: Bagaimana Membuat Loop Menggunakan VBA

Baris kode antara For dan Next akan dieksekusi sebanyak enam kali. Untuk i = 1, Excel VBA memasukkan  nilai 100 ke dalam cell pada persimpangan baris 1 dan kolom 1. Ketika Excel VBA mencapai Next i, maka ini akan meningkatkan i dengan 1 dan dan melompat kembali ke For. For i = 2, Excel VBA memasukkan nilai 100 ke dalam cell pada persimpangan baris 2 dan kolom 1, dan lain-lain. Biasakan untuk selalu mengklik indent (tab) dalam tutorial excel ini di antara For dan Next. Ini akan memudahkan Anda membaca kode.

Double Loop

Selain single, Anda juga bisa menggunakan loop ganda untuk melakukan loop melalui berbagai dua dimensi cell sekaligus. Seperti biasa, tuliskan kode di bawah ini untuk melakukannya:

Dim i As Integer, j As Integer

For i = 1 To 6

    For j = 1 To 2

        Cells(i, j).Value = 100

    Next j

Next i

Hasil yang akan Anda dapatkan adalah:

Tutorial Excel: Bagaimana Membuat Loop Menggunakan VBA

For i = 1dan j = 1, Excel VBA memasukkan nilai 100 ke dalam cell pada persimpangan baris 1 dan kolom 1. Ketika Excel VBA mencapai Next j, maka ini akan meningkatkan  j dengan 1 dan melompat kembali ke For j. For i = 1 dan j = 2, Excel VBA memasukkan nilai 100 ke dalam sel pada persimpangan baris 1 dan kolom 2. Selanjutnya, Excel VBA mengabaikan Next j karena j hanya berjalan dari 1 sampai 2. Ketika Excel VBA mencapai Next i, maka ini akan meningkatkan i dengan 1 dan melompat kembali ke pernyataan For i.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *