Vba Macro Excel Programming untuk Kondisi Else

Vba Macro Excel Programming kali ini akan membahas kondisi Else … ElseIf. Dalam tutorial terakhir Anda telah mengetahui bagaimana menggunakan kondisi If Statement. Dalam tutorial ini kita akan belajar lebih luas lagi menggunakan If Statement dengan Else and ElseIf.

Else

Antara If and End If Anda juga dapat menambahkan bagian Lain. Struktur sebuah If … Else Statement terlihat seperti ini:

If Condition_To_Test Then

Else

End If

Dalam tutorial If yang lalu, jika kita memasukkan nilai 11 maka kita akan mendapatkan hasil FALSE karena variabel yang kita masukkan memiliki nilai 10, dan itu dalam kondisi TRUE. Namun, alih-alih VBA dapat melewatkan kondisi If, kita dapat menambahkan bagian Lain. Bagian Lain adalah di mana Anda memberitahu VBA apa yang harus terjadi jika kalimat pembuka dalam kondisi FALSE. Ubah sedikit kode dari tutorial If Statements untuk tutorial ini menjadi:

Dim MyNummber As Integer

MyNumber = 11

If MyNumber = 10 Then

MsgBox “Number = 10”

Else

MsgBox “Number is not 10”

End If

Apa yang kita pelajari di Vba Macro Excel Programming ini adalah “Jika MyNumber memiliki nilai 10 Kemudian menampilkan satu kotak pesan, maka Else akan menampilkan kotak pesan lain”. Jalankan kode Anda dengan menekan F5 pada keyboard Anda. Anda akan melihat pesan dari bagian Else muncul:

Vba Macro Excel Programming

Klik OK pada kotak pesan untuk kembali ke jendela coding Anda. Ubah nomor dari baris kedua kode Anda dari 11 kembali ke 10. Ketika Anda menjalankan kode Anda lagi, Anda akan melihat kotak pesan pertama. Gunakan nomor dari baris kedua kode Anda dari 11 kembali ke 10. Ketika Anda menjalankan kode Anda lagi, Anda akan melihat kotak pesan pertama. Gunakan bagian Else untuk If Statements Anda adalah teknik yang sangat membantu.

Teknik ini akan sangat membantu Anda ketika Anda memiliki banyak beban pekerjaan yang banyak, dengan bantuan sedikit coding ini Anda akan mengetahui betapa bergunanya belajar Vba Macro Excel Programming.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *