Belajar Membuat Perkalian 1 Sampai 100 di Excel

RumusLengkap.com yang berkeinginan menyajikan materi kursus online penggunaan rumus Microsoft kali ini mengajak pengguna Excel untuk belajar membuat tabel perkalian matematika sampai angkah 100. Yang belom jago dengan perhitungan matematika pasti sangat berguna. Perkalian merupakan fungsi operasi yang wajib dipelajari, karena di dalam kehidupan fungsi perkalian ini menjadi suatu kebutuhan, dan pada dunia pendidikan pun perkalian mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari para siswa. Maka pada kesempatan ini akan membahas tentang perkalian dasar dari 1 sampai 100 dengan bantuan excel yang bisa digunakan oleh adik-adik yang akan belajar tentang perkalian dasar  yang hasilnya 1 sampai 100.

Dengan menggunakan microsoft excel, kita dapat dengan mudah membuat tabel perkalian. Terlebih dahulu kita siapkan data tabel seperti berikut.

cara membuat tabel perkalian dengan rumus excel 1Selanjutnya untuk mengisi hasil perkalian dari 1 sampai 10, maka posisikan kursor pada sel E3 (Perkalian 1) lalu masukan rumus =A3*C3, untuk mengisil sel E4 sampai E12 gunakan Auto Fill. Maka hasilnya sebagai berikut.

langkah ke dua cara membuat tabel perkalian dengan rumus excelKemudian untuk mengisi Perkalian 2 sampai Perkalian 10, pada sel K3, sel Q3, sel W3, sel AC3, sel E16, sel K16,  sel Q16, sel W16, dan sel AC16 masukan rumus :

a. Rumus sel K3, =G3*I3
b. Rumus sel Q3, =M3*O3
c. Rumus sel W3, =S3*U3
d. Rumus sel AC3, =Y3*AA3
e. Rumus sel E16, =A16*C16
f. Rumus sel K16, =G16*I16
g. Rumus sel Q16, =M16*O16
h. Rumus sel W16, =S18*U16
i. Rumus sel AC16, =Y16*AA16

Untuk mengisi masing-masing kolom hasil perkalian yang kosong bisa gunakan fungsi Auto Fill, maka hasilnya adalah sebagai berikut.

hasil pembuatan tabel perkalian matematika dengan rumus excelTernyata mudah bukan? Dengan memasukan beberapa rumus sudah bisa mendapatkan hasil perkalian dari 1 sampai 100. Untuk Anda yang ingin memberi pelajaran perkalian untuk anak atau adik, tetapi tidak memiliki contoh kertas lembar perkalian, maka bisa memanfaatkan Excel untuk menjadi referensi pembelajaran perkalian mereka.

Microsoft excel sebagai aplikasi perhitungan matematika sudah menyediakan sarana yang cukup lengkap sebagaimana sebelumnya kita juga belajar perkalian matrik dengan rumus excel. Dengan memanfaatkan kesaktian aplikasi spreadsheet dari microsoft ini, belajar matematika diharapkan bisa lebih mudah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *