Cara Menggunakan Fungsi CONVERT Pada Excel

Bagaimana cara menggunakan fungsi CONVERT pada Microsoft Excel? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu fungsi CONVERT ini. CONVERT adalah suatu formula yang terdapat pada Microsoft Excel yang fungsinya untuk mengkonversi suatu satuan unit baik satuan jarak, satuan berat, maupun satuan waktu.

Sebagai contoh misalnya dalam pelajaran matematika terdapat nilai jarak,  1 Km (kilometer) akan sama dengan 1000 m (meter). Nah, 1000 meter ini merupakan hasil konversi dari 1 kilometer. Maka dengan demikian, saya akan mencoba membuat fungsi konversi ini pada Excel menggunakan fungsi CONVERT dengan contoh sederhana yaitu mengkonversi nilai jarak.

1. Langkah pertama, siapkan lembar kerja Microsoft Excel, lalu buat data seperti pada tampilan berikut.

cara 1 menggunakan fungsi convert pada excel2. Kemudian untuk mengisi kolom “Hasil”, posisikan kursor di cell C4, lalu masukan rumus =CONVERT(B4,”km”,”m”) lalu masilnya akan seperti berikut.

cara 2 menggunakan fungsi convert pada excelCatatan : Hasil pada kolom cell C4 merupakan hasil konversi dari 10 kilometer ke satuan meter, maka hasilnya 10.000 meter.

3. Selanjutnya untuk mengisi kolom Hasil yang masih kosong (cell C5 – cell C7). Anda isi dengan rumus berikut.

a. Rumus Cell C5, =CONVERT(B4,”km”,”cm”).

b. Rumus Cell C6, =CONVERT(B4,”km”,”dm”).

c. Rumus Cell C7, =CONVERT(B4,”km”,”mm”).

Maka hasilnya seperti berikut.

cara 3 menggunakan fungsi convert pada excelSecara keseluruhan fungsi CONVERT ini tertuliskan seperti ini =CONVERT(number, from_unit, to_unit), dimana :

a. CONVERT, adalah fungsi untuk merubah satuan atau konversi satuan unit.

b. number, adalah kolom nilai yang akan dikonversi, contoh di atas yaitu cell B4.

c. from_unit, adalah mendefinisikan satuan yang dikonversi, contoh di atas kilometer (km).

d. to_unit, adalah mendefinisikan satuan hasil konversi, contoh di atas meter (m).

Maka dengan demikian, terjawablah sudah dari pertanyaan di awal pembahasan ini tentang menggunakan fungsi CONVERT. Selain untuk mengkonversi bilangan, fungsi CONVERT pada Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk mengkonversi nilai satuan berat, satuan suhu dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *