Cara Menggunakan Fungsi PERCENTRANK Pada Excel

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai fungsi RANK pada Excel, pada kesempatan ini akan membahas tentang fungsi PERCENTRANK. Menurut pengertiannya, PERCENTRANK adalah suatu fungsi untuk menunjukan suatu persentase peringkat dari sebuah nilai dalam sekelompok data. Fungsi ini dapat digunakan untuk mengevaluasi posisi relative sebuah nilai dalam sebuah kelompok data. Rumus PERCENTRANK ini adalah sebagai berikut.

PERCENTRANK(array,x,[signifikansi])

Dimana fungsi PERCENTRANK memiliki argumen berikut:

  • Array, merupakan rentang data dengan nilai numerik yang menentukan posisi relatif.
  • X, merupakan angka yang ingin Anda cari peringkatnya.
  • Significance, merupakan nilai yang mengidentifikasi angka digit signifikan untuk nilai persentase yang dikembalikan Jika dihilangkan, biasanya PERCENTRANK menggunakan tiga digit (0.xxx).

Sebagai contoh, Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi dari PERCENTRANK ini untuk mengetahui skor presentase nilai akhir siswa diantara semua skor nilai ujian dari beberapa mata pelajaran. Untuk lebih jelasnya berikut contoh penggunaan fungsi PERCENTRANK pada Microsoft Excel 2010 berikut ini

cara 1 menggunakan fungsi percentrank pada excelDari data diatas, terdapat kumpulan data nama pelajaran dan nilai akhir dari pelajaran tersebut. Kemudian ingin mengetahui presentase dari nilai akhir. Biasanya untuk peringkat presentase nilai tertinggi ditunjukan oleh angka 1 dan presentase nilai terkecil oleh angka 0.

Untuk mengisi kolom presentase pada cell E4 masukan rumus =PERCENTRANK(D4:D8,80,3) tekan enter, maka hasilnya sebagai berikut.

cara 2 menggunakan fungsi percentrank pada excelKemudian untuk mengisi kolom cell E5 sampai cell E8, pada rumus cukup mengganti nilai X (nilai yang ingin dicari), Misalnya, mencari presentase nilai akhir 75, maka rumusnya adalah =PERCENTRANK(D4:D8,75,3) maka hasilnya lengkapnya sebagai berikut.

cara 3 menggunakan fungsi percentrank pada excelKita bisa lihat, nama pelajaran Kewirausahaan memiliki nilai akhir 85 dengan presentase 1, artinya nilai 85 ini merupakan nilai tertinggi dari deretan atau sekelompok nilai akhir yang tertera pada data di atas, sedangkan nilai terkecil 60 mendapat presentase 0.

Demikian yang bisa disampaikan mengenai bagaimana cara menggunakan fungsi PERCENTRANK pada Microsoft Excel. Semoga bermnafaat dan terima kasih atas kunjungannya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *