Fungsi LOG dan LOG10 di Excel Yang Perlu Kita Pelajari

Fungsi LOG dan LOG10 di Excel Yang Perlu Kita Pelajari – Microsoft Excel, merupakan sebuah program atau aplikasi yang masuk dalam jajaran microsoft office yang digunakan untuk pengolahan angka. Dengan menggunakan Microsoft Excel ini sangatlah membantu kita nanti dalam menyelesaikan permasalahan rumit yang sering kita jumpai dalam bidang adminstratif perkantoran nantinya.

Microsoft Excel ini adalah sebuah apilikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Coorporation dan didistribusikan untuk para pengguna perangkat Mac OS maupun Os Windows, dan bahkan saat ini sistem operasi android pun juga bisa menggunakan aplikasi microsoft office yang satu ini.

Microsft Excel ini memang sering kali atau lebih akrab dikenal dengan penggunaan rumus-rumus maupun formula yang  yang ada didalam lembar kerjanya. Penggunaan setiap rumus yang ada, tentu sangat efektif dan akan memudahkan anda dalam membuat sebuah laporan pekerjaan perkantoran nantinya.

Formula maupun rumus pada microsoft excel ini memiliki keunggulan tersendiri bagi aplikasi tersbut, karena dengan kemampuan dalam pengolahan setiap data yang anda unputkan akan dihitung secara matematis dan memiliki fungsi yang beragam.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu fungsi yang dimiliki oleh microsoft excel yakni Log dan Log10. Mungkin anda belum pernah mendengarnya ya ?baiklah mari kita bahas dibawah ini.

Fungsi LOG merupakan salah satu fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang biasa digunakan untuk mengembalikan logaritma dari suatu bilaangan dengan menggunakan basis tertentu. Sementara untuk fungsi LOG 10 ini lebih efisien, dimana ia hanya mengembalikan bilangan logaritma yang  berbasis 10.

Untuk sintaks dari fungsi Log ini adalah

=LOG (number, [base])

yang memliki argumen seperti berikut ini : number ini nantinya berisi bilangan rill positif yang ingin anda dapatkan logaritmanya nanti. Lalu untuk basis dari logaritma ini nantinya bersifat opsional, jika pada bagian basis ini anakosongkan, maka akan dibaca sebagai 10.

Lalu untuk sintaks dari LOG 10 ini adalah LOG10(angka) yang memiliki argumen seperti berikut ini. Untuk angka, ini merupakan bilangan positfi yang ingin anda dapatkan logaritmanya nanti berbasis 10. Untuk lebih jelasnya, mending langsung saja kita mulai pada contoh soal berikut ini.

Contoh soal untuk fungsi Log pada Microsoft Excel :

Langkah pertama, silahkan anda membuat tabel seperti dibawah ini

log-1

Setelah memasukkan semua rumus, langsung saja anda enter maka akan langsung muncul hasilnya.

Silahkan anda mengikuti contoh di atas, atau jika ingin mengganti nilainya pun juga bisa, maka hasilnya nanti juga akan berubah. Untuk pejelasan dari rumus diatas, anda bisa menyimaknya pada gabar dibawah ini.

 

log-2

 

Contoh soal untuk fungi log10 pada microsoft excel :

Masih sama seperti contoh soal diatas, anda silahkan membuat tabel seperti gambar dibawah ini

 

log-10-1

 

Jangan lupa untuk memasukkan rumus yang ada seperti pada tabel, lalu silahkan anda tekan enter dan akan muncul hasilnya.

Untuk keterangan dari rumus excel diatas, anda bisa menyimaknya pada gambar dibawah ini.

 

log-10-2

 

Nah itu tadi sedikit pejelasan tentang fungsi Log dan juga fungi Log 10 yang ada pada Microsoft excel yang bisa kita bagikan, anda bisa mengganti setiap nilai diatas sesuai dengan kebutuhan anda nantinya.

Demikian informasi dari kami tentang fungsi log dan log10 yang ada pada microsoft excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *