Fungsi POWER Pada Excel Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi POWER Pada Excel Lengkap Dengan Contohnya – Microsoft Excel adalah sebuah program lembar kerja berbentuk spreadsheet. Didalam aplikasi ini tersusun dalam bentuk grid yang terdiri dari pertemuan antara kolom dan juga baris, sehingga anda akan menemukan sebuah kotak-kotak dengan jumlah yang begitu banyak.

Jadi pada intinya Microsoft Excel ini adalah sebuah lembar kerja yang dikhususkan untuk mengolah data berupa nilai, angka maupun formula didalamnya. Microsoft Excel ini dilengkapi dengan sebuah kemampuan dan juga fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pegolah angka lain yang tersebar di Internet.

Beberapa fungsi utama yang terdapat dalam Microsoft Excel ini cukup banyak, diantaranya:

  • Microsoft Excel sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan data berupa tabel. Hal ini tentu sdah banyak yang mengetahuinya, karena memang lembar kerja dari aplikasi ini isinya berupa tabel yang sudha siap di isi dengan data anda.
  • Microsoft Excel juga sangat bisa diandalkan untuk program perhitungan cepat dengan menggunakna tabel. Jadi jika anda memiliki data yang cukup banyak dan membutuhkan perhitungan cepat dan akurat, maka aplikasi ini sangat cocok diandalkan.
  • Microsoft Excel ini juga sangat bermanfaat untuk membuat sebuah laporan penjualan, keuangan, laporan gaji dan masih banyak lagi. Program Ms. Excel sangat membantu penggunanya dalam pembuata sebuah laporan, karena didalamnya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang anda butuhkan, baik yang ada kaitannya dengan keuangan maupun aritmatika nanti.
  • Program Microsoft Excel ini juga sangat cocok untuk pembuatan grafik dengan mudah. Semua fasilitas dalam pembuatan grafik sudah disediakan, jadi anda tinggal pilih desain yang sesuai dan memasukkan data anda saja nanti.

Nah itu tadi beberapa kelebihan dari Microsoft Excel, namun pada kesempatan kali ini kami tak mengulas itu, tapi lebih fokus untuk membahas mengenai fungsi yang ada didalamnya, yakni fungsi Power pada Excel.

Fungsi POWER merupakan salah satu rumus yang ada pada Microsoft Excel, dimana fungsi ini memiliki sama dengan pangkat yang biasa digunakan pada saat anda memangkatkan suatu bilangan. biasanya seseorang menggunakan lambang ^ untuk memangkatkan, seperti contohnya 2^5= 32.

Nah dengan menggunakan Fungsi POWER ini anda tak perlu lagi menggunakan lambang ^ tersebut lagi untuk memamngkatkan sebuah angka nantinya. Nah untuk sintaks dari Fungsi POWER ini sendiri adalah

=POWER (number, power)

  • Number: merupakan sebuah bilangan basis, untuk nilainya adalah nilai rill berapapun
  • Power: adalah sebuah Eksponen yang fungsinya untuk menaikkan bilangan basis.

Untuk lebih mudahnya, langsung saja kita mulai contoh soal tentang Fungsi POWER pada Excel berikut ini.

Langkah pertama, silahkan anda buat kolom seperti tabel yang kita buat dibawah ini.

Untuk nilai angka yang ada didalam kolom A dan B ini bebas, silahkan anda masukkan nilai sesuai dengan keinginan anda

Lalu pada bagian kolom C2, silahkan anda masukkan rumus ini: =POWER(5,3). Maksud dari rumus ini adalah 5 pangkat 3, dan hasilnya adalah 125.

 

Untuk kolom selanjutnya silahkan masukkan rumus yang sama diatas dan silahkan anda ganti angka yang ada didalamnya. Dan berikut hasilnya.

 

Nah bagaimana? cukup mudah bukan penjelasan tentang Fungsi Power pada Excel kali ini, anda bisa mencobanya langsung dirumah nanti. Mungkin cukup sekian dulu ya informasi dari kami tentang Fungsi Power pada Excel, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu anda. Selamat mencoba

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *