Fungsi QUOTIENT Pada Excel Dengan Contohnya

Fungsi QUOTIENT Pada Excel Dengan Contohnya – Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang memiliki bentuk spreadsheet, dan berguna untuk sebuah kalkulasi angka ataupun grafik nantinya. Keunggulan dari aplikasi Microsoft Excel ini adalah bisa digunakan dalam berbagai sistem operasi, mula dari Windows, MacOS, hingga Android pun juga kompatibel.

Maka dari itu, karena bisa digunakan dalam semua sistem operasi dan juga memiliki fitur yang sangat lengkap didalamnya, maka tidak heran jika Microsoft Excel menjadi sebuah aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan.

Adapun kegunaan dan fungsi dari Microsoft Excel ini diantaranya: untuk pembuatan laporan keuangan kantor, laporan nilai siswa, laporan pencarian traffic hingga pembuatan grafik untuk perkembangan perusahaan pun juga bisa.

Sebagai salah satu software yang dimanfaatkan untuk pnghitungan sebuah nilai, maka sangat wajar apabila didalam Microsoft Excel ini juga dilengkapi dengan beragam rumus atau fungsi untuk melengkapi kebutuhan penggunannya nanti.

Rumus yang disediakan dalam Microsoft Excel ini cukup beragam, tergantung fungsi dan kegunaan yang anda gunakan nanti, mulai dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, hingga perkalian nantinya. namun tak cukup disitu saja, masih ada fungsi lain yang ada didalam Microsoft Excel ini salah satunya adalah Funsi QUOTIENT. Nah untuk mengetahui tentang Microsoft Excel ini selengkapnya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Fungsi QUOTIENT pada Excel ini merupakan sebuah rumus atau fungsi yang digunakan untuk mengembalikan sebuah bilangan bulat dari sebuah pembagian nantinya. Anda bisa menggunakan Fungsi QUOTIENT ini padaa saat ini menghapus sisa dari hasil sebuah pembagian. Jadi intinya dengan menggunakan rumus Quotient ini anda bisa membuat hasil bilangan dalam setiap pembagian nantinya.

Untuk Fungsi QUOTIENT ini memiliki sintak: =QUOTIENT(Pembilang, Penyebut)

  • Pembilang: adalah sebuah bilangan atau angka yang akan dibagi nanti
  • Penyebut: penyebut disini adalah angka pembagi

Untuk mengerjakan Fungsi QUOTIENT pada Excel ini, ada hal yang perlu anda ketahui dimana jika ada argumen yang dimasukkan dalam data berbentuk non numerik, maka nanti Fungsi QUOTIENT ini akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #VALUE!.

Untuk lebih jelasnya tentang Fungsi QUOTIENT pada Excel, mari kita mulai saja langsung contoh soal yang ada dibawah ini:

Langkah pertama silahkan anda buat terlebih dahulu tabel seperti dibawah ini, buat 3 tabel yang isinya nanti untuk pembilang, penyebut dan juga hasil

Untuk angka yang ada didalam tabel ini bebas, anda bisa mengisi sesuai dengan keinginan

 

 

Jika sudah perhatikan pada kolom C2, dimana pada bagian ini silahkan anda tulis rumus berikut ini: =QUOTIENT(10,2), lalu tekan enter dan hasilnya muncul nilai 5. Hal ini menjelaskan jika 10 dibagi 2 adalah hasilnya 5. Karena bilangannya genap semua jadi mudah ya? Bagaimana kalau salah satu bilangannya ganjil? Mari kira coba dibawah ini.

 

 

Untuk tabel C3, silahkan anda masukkan rumus berikut ini: =QUOTIENT(12,5) lalu tekan enter dan hasilnya adalah 2. Kok bisa ? iya seperti yang kita katakan diatas tadi, dimana Fungsi QUOTIENT akan membagi bilangan bulat itu hingga batas maksimal, lalu menghapus angka sisanya sehingga hasil akan menjadi bilangan bulat nanti.

 

 

Bagaimana? Cukup mudah kan untuk memahami Fungsi QUOTIENT yang sudah kamu jelaskan kali ini. mungkin cukup sekian dulu ya pembahasan kita tentang Fungsi QUOTIENT pada Excel, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa membantu anda. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *