Fungsi SIN dan SINH Pada Excel Dengan Contohnya

Fungsi SIN dan SINH Pada Excel Dengan Contohnya – Microsoft Excel merupakan program aplikasi lembar kerja berupa spreadsheet yang telah didistribuskan oleh Microspoft coorporation. Aplikasi ini tidak sendiri, karena ia satu paket dengan program lain seperti MS.word, dan juga power point.

Khusus untuk Microsoft Excel ini biasa digunakan oleh mereka yang bekerja di bagian kantor administrasi. Hal ini dikarenakan didalam Microsoft Excel memiliki fitur kalkulasi dan juga pembuatan grafik yang sangat lengkap, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam strategi marketing Microsoft yang begitu agresif.

Seiring dengan kecanggihan yang dimilikinya, Microsoft Excel ini menjadi program spreadsheet yang paling populer dan banyak digunakan oleh berbagai pihak, dan bahkan aplikasi ini juga sudah merambah di dunia gadget juga sekarang, dengan begini semua orang pun bisa lebih mudah lagi untuk mengaksesnya.

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Excel ini, seperti kemampuannya dalam menyimpan data yang begitu besar, memiliki banyak sekali rumus yang begitu lengkap sehingga mempermudah pengolahan angkanya. Selain itu, Microsoft Excel ini dilengkapi dengan Pivot tables sehingga membuat pekerjaan kita lebih efektif, karena semua tabel yang akan kita rencanakan bisa dibuat lebih dahulu, meskipun datanya belum dimasukkan.

Namun untuk menggunakan program Microsoft Excel ini memerlukan RAM yang cukup besar juga agar kinerjanya bisa maksimal. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang rumus excel yang ada didalam Microsoft Excel, yakni Fungsi SIN dan SINH. Untuk lebih mudahnya silahkan anda simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi SINH pada Excel merupakan sebuah rumus matematika yang biasa digunakan untuk mengembalikan nilai sinus hiperbolik dari sebuah bilangan. Untuk sintaks dari Fungsi SINH ini adalah

=SINH (number)

Number: adalah sebuah bilangan rill yang akan kita cari hasilnya.

Sebelum mengerjakan Fungsi SINH pada Excel ini, ada rumus yang harus anda pahami terlebih dahulu. Fungsi SINH ini memiliki rumus sinus Hiperbolik berupa :

Nah langsung saja kita mulai contoh soal dibawah ini.

  • Silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini.

 

  • Dari tabel ini menjelaskan, dimana untuk hasil dari rumus: =2.87*SINH(0.0332*1.2) ini adalah 0.11437105. maksud dari rumus ini adalah Probabilitas memperoleh hasil kurang dari 1,03 detik.
  • Untuk lebih memahami lagi, silahkan anda ganti isi angkanya nanti.

Sementara untuk Fungsi SIN pada Excel, ini sangat berguna untuk mengembalikan sinus pada sudut tertentu. Untuk sintak yang digunakan masih sama, yakni

=SIN(number)

Number: adalah sudut dalam radian yang nantinya ingin anda cari sinusnya

Sebelum anda mengerjakan fungsi SIN ini, sebaiknya ada ketahui peraturanya. Dimana fungsi SIN ini jika argumen yang anda masukan dalam derajat, silahkan kalikan dengan PI ()/180 atau bisa juga menggunakan RADIANS untuk mengonveri ke bentuk radian nantinya.

Nah untuk lebih jelasnya tentant fungsi SIN pada excel kali ini, silahkan anda simak contoh soal dibawah ini.

  • Silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini.

  • Dari tabel ini menjelaskan, dimana untuk hasil dari rumus: =SIN(90*PI()/180) yang ada pada kolom C3 ini adalah 1. maksud dari rumus ini sinus berada pada sudut 90 derajat
  • Untuk lebih memahami lagi, silahkan anda ganti isi angkanya nanti.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang Fungsi SIN dan SINH pada excel, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa membantu masalah anda. terima kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *