Membuat Billing Warnet Sederhana dengan Excel

Warnet, siapa yang tidak kenal dengan salah satu bentuk usaha yang satu ini, yang senantiasa menyediakan layanan berupa koneksi internet. Warnet ini tentunya berhubungan dengan transaksi yang dikendalikan oleh billing, Billing warnet ini dapat mencatat semua kegatan transaksi dari jasa penggunaan internet.

Billing ini berupa aplikasi yang di install pada PC (Personal Komputer), Namun aplikasi billing ini tentunya tidak gratis, harga software billing warnet yang ditawarkan begitu beragam dan cukup mahal. Dengan kesaktian Excel, sekarang kita dapat membuat sendiri billing warnet dengan mudah. Berikut ini akan dibahas bagaimana membuat billing warnet dengan mudah dengan bantuan Microsoft Excel.

Langkah pertama, siapkan data-data seperti pada tampilan Excel berikut ini.

langkah pertama membuat billing warnet dengan excelLangsung saja, ceritanya ada seorang client menggunakan warnet dengan waktu mulai dan waktu selesai yang telah kita ditentukan seperti berikut.

langkah ke 2 cara membuat billing dengan excelKemudian stelah diketahui waktu mulai dan waktu selesai, kita akan mengisi durasi waktu yang dipakai saat menggunakan internet. Caranya pada sel G5 kita masukan rumus =TEXT(F5-E5,”hh:mm”) dan untuk mengisi sel G6 sampai G11 kita gunakan Auto Fill.

langkah ke 3 cara membuat billing warnet dengan excel

Durasi waktu sudah kita dapatkan, terasa sangat mudah kan? Tidak terasa sekarang kita harus mengisi Total Bayar dari durasi waktu yang telah ada. Mari kita isikan Sel H5 dengan rumus =D5*ROUND((G5-INT(G5))*24,1), sama seperti pada durasi waktu gunakan auto fill untuk mengisi Sel H6 sampai H11.

contoh sederhana deng billing warnet

Maka akhirnya kita bisa dapatkan Total Bayar dari para client yang menggunakan jasa warnet tersebut, jika kita bahas sedikit, nama client Hidayat, ia mulai menggunakan internet pada pukul 9:00, lalu beberapa saat kemudian ia selesai pada pukul 10:30, ia hanya memakai internet dengan durasi 1 setengah jam sajam, kemudian ia harus membayar Total Bayar Rp 4.500. Kok, bisa begitu?

Jika diuraikan dari rumus Total Bayar, kita akan mengetahui triknya, rumus pada Sel H5 merupakan rumus untuk mengubah waktu ke dalam bentuk desimal. Sehingga dapat diolah (dikalkulasi) dengan angka desimal. Sedangkan D5 sendiri merupakan Cell yang berisi harga penyewaan internet per jam. Jadi Totalnya adalah BIAYA SEWA x WAKTU SEWA (sel D5 x G5).

Kemudian kita juga bisa mengisi kembali Waktu Mulai dan Waktu selesai dengan cepat, hanya dengan menekan tombol pada keybord (CTRL + : ).

Kesimpulan, Microsoft Excel memang aplikasi yang terlihat sederhana, namun apabila kita mengerti bagaimana menggunakannya, ada banyak hal yang dapat kita buat dengan aplikasi ini.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *