Menggunakan Matriks pada Excel

Pada bagian ini kita akan mencoba menggunakan rumus sederhana pada matriks dan akan kita implementasikan pada excel. Adapun rumus sederhana yang akan kita gunakan yaitu rumus penjumlahan dan perkalian matriks sebagai salah satu fungsi matematika dan trigonomotri dalam excel.

Sebagaimana diketahui program microsoft spreadsheet ini adalah satu program yang sangat multiguna. Karena hampir semua bidang kegitan dalam sehari hari itu melibatkan perhitungan maka secara praktis bisa diaplikasikan dengan microsoft excel ini.

1. Penjumlahan Matriks

Penjumlahan matriks sama halnya dengan menjumlahkan bilangan biasa. Jika pada Matriks A yang akan dijumlahkan dengan matriks B, hasil penjumlahannya menjadi  matriks C. Sekarang kita akan implementasikan ke Microsoft excel. Buat matriks 3×3 seperti berikut :

penjumlahan matriks dalam excelDalam hal ini kita akan menambahkan matriks A dengan matriks B dan hasil penjumlahannya yaitu matriks C pada sel MNO.  Untuk mendapatkan hasil matriks C, blok sel untuk ukuran 3×3 pada Matriks C. Kemudian ketikkan rumus =(C6:E8+H6:J8) dan tekan CTRL + SHIFT + ENTER.

hasil penjumlahan matriks dalam excelMaka hasinya seperti diatas, kita dapat membandingkan hasil tersebut yang dihitung secra manual.

2. Perkalian Matriks

Microsoft excel  menyediakan fungsi untuk perkalian matriks. Proses perkaliannya sesuai dengan aturan matriks. Seperti dengan penjumlahan dan pegurangan matriks. Pada perkalian matriks kita juga melakukan array  (CTRl + SHIFT + ENTER)  terhadap perkalian dari range data-nya. Berikut ini kita akan mencoba mengalikan dua buah matriks orde 3×3.  Buat matriks seperti  di bawah ini (untuk tanda matriks dapat menggunakan shape).

perkalian matriks dalam microsoft excelUntuk mendapatkan hasil matriks C, blok cell untuk ukuran 3×3 cell.  Kemudian ketikkan formula =MMULT(C6:E8,H6:J8) dan tekan CTRL + SHIFT + ENTER.

matrik excel4Penggunaan fungsi Matriks ini sangat mudah di implementasikan pada excel, dan hasilnya pun sama dengan penghitungan secara manual. Mudah-mudahan penggunaan formula matriks ini dapat membantu tugas sekolah Anda.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *