Mengubah Bilangan Desimal Ke Oktal Dengan Excel

Hitung hitung ini dianggap sebagi tutorial untuk bimbingan belajar menyelesaikan PR matematika. Kenapa? Karena kali ini kita akan membahas  cara merubah bilangan desimal menjadi oktal dengan rumus microsoft excel. Bagi para siswa maupun orang-orang yang belajar berhubungan dengan materi matematika, pastinya sudah pernah menghadapi penyelasain soal seperti ini, yaitu mengubah bilangan decimal ke oktal. Namun pada kesempatan kali ini, akan menyelesaikan perubahan tersebut melalui bantuan Microsoft Excel. Bagaimana caranya?

Caranya adalah kita terlebih dahulu siapkan datanya seperti berikut.

langkah ke 1 cara merubah desimal menjadi bilangan oktal dengan rumus micosoft excel

Untuk mengubah bilangan decimal yang telah dibuat ke bilangan octal, kita masukan rumus =DEC2OCT(B3) pada cell C3, untuk mengisi seluruh kolom bilangan octal kita bisa gunakan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.

langkah ke 2 cara merubah desimal menjadi bilangan oktal dengan rumus micosoft excel

Ternyata cukup mudah, hasil konversi bilangan decimal ke octal sudah di dapat. Lalu kita ingin mengisi untuk bilangan octal 4 angka, maksudnya? Dari bilangan decimal kita akan konversi ke octal dengan hasil 4 buah angka, maka caranya pada cell D3 masukan rumus =DEC2OCT(B3,4) gunakan fungsi Auto Fill untuk mengisi cell D4 sampai D9.

langkah ke 3 cara merubah desimal menjadi bilangan oktal dengan rumus micosoft excel

Demikianlah cara mengubah bilangan desimal ke oktal dengan bantuan Microsoft Excel, cukup mudah dan tidak memakan waktu lama dalam pengerjaannya. Kesaktian Excel ini tentunya sudah tidak diragukan lagi untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perhitungan atau yang lainnya. Semoga Bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *