Fungsi CHOOSE dalam Excel

Kembali blog yang memberanikan diri memakai rumus excel lengkap ini mengajak belajar bersama tentang penggunaan formula dalam microsoft spreadsheet ini dari yang paling dasar. Kali ini kita bicara tentang penggunaan dan contoh fungsi choose. Fungsi CHOOSE dalam Excel adalah untuk mengembalikan nilai dari sebuah daftar berdasarkan posisi yang telah ditentukan.

Sintaks untuk fungsi CHOOSE ini adalah:

CHOOSE( position, value1, value2, …..)

Penjelasan untuk sintaks ini adalah:
• Position atau value number, mengacu pada posisi angka didalam daftar yang ingin dikembalikan. Nilai ini sendiri harus tersedia dalam bentuk angka antara 1 sampai 29
• Value1, value2 dan seterusnya mengacu pada daftar dari value yang bisa mencapai jumlah 29. Value yang dimaksud disini bisa tampil dalam bentuk apa saja mulai dari angka, nama atau teks.

Keterangan tambahan untuk penggunaan fungsi CHOOSE adalah:
• Jika posisinya adalah 1, maka kita harus menggunakan value 1 dan jika posisinya adalah 2 maka kita harus memilih value yang ke dua. Prinsip ini berlaku untuk seterusnya
• Jika posisinya kurang dari 1 atau lebih besar dari nomor terakhir yang ada di dalam daftar maka hal ini berarti fungsi CHOOSE akan mengalami masalah dan menampilkan hasil #VALUE!

Seandainya  kita memiliki data sebagai berikut:penjelasan fungsi choose dalam microsoft excel

Beberapa contoh penggunaan fungsi CHOOSE yang bisa kita pergunakan adalah:
ٍ=SUM(A2:CHOOSE(2,A3,A4)), yang akan menjumlahkan angka yang ada dari sel A2 hingga sel A4 dan jumlahnya adalah 25

=CHOOSE(4,B2,B3,B4), dimana formulai ini akan menampilkan hasil dari value yang ada di argumen yang ke-empat yaitu B4 (Pensil)

Begitulah uraian singkat tentang fungsi choose dalam formula excel. Contohcontoh penggunaanya adalah seperti:
Pencarian data memakai rumus choose
Menampilkan hari dengan rumus choose
Membuat laporan penjualan tiket dengan excel
Dan tentu masih banyak lagi area penggunaan dan penjaban rumus choose yang tersedia dalam microsoft excel. Selamat belajar sambil bekerja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *