Fungsi Column dan Columns dalam Penghitungan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang tergabung dalam microsof office yang banyak digunakan oleh pegawai kantoran. Untuk Microsoft Excel ini sendiri adalah program pengolah angka yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan dalam aritmatika.

Biasanya yang paling sering menggunakan Microsoft Excel ini adalah mereka yang bekerja dalam bidang administratif, karena banyaknya rumus maupun fungsi didalamnya sehingga membuat mereka bisa dengan cepat untuk selesai.

Namun kebanyakan yang digunakan oleh mereka adalah rumus atau fungsi itu-itu saja, seperti SUM, AVERAGE, MAX, MIN. Padahal didalam Microsoft Excel ini masih banyak sekali rumus atau fungsi yang bisa dimanfaatkan. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang salah satu rumus dari Microsoft Excel bernama Fungsi Column dan Columns.

Artikel rumuslengkap.com kali ini bakalang mengupas tuntas tentang Fungsi Column dan Columns pada Microsoft Excel, mulai dari pengertian hingga contoh penghitungannya pun akan kita bagikan kepada anda semua.

Dalam sebuah dokumen yang berupa tabel, pastilah terdapat yang namanya baris dan kolom. Namun dalam masalah ini, kita kadang bingung  mengetahui berapa kolom yang kita gunakan dan pada posisi berapakah kolom yang kita pilih nanti.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, maka dari itu Microsoft Excel ini telah dibekali dengan sebuah rumus atau fungsi bernama Column dan Columns yang bisa kita gunakan untuk menegetahui posisi serta jumlah kolom yang terdapat dalam lembar kerja Excel kita nanti.

Baiklah, daripada anda bingung memahami, maka kita bahas satu persatu saja tentang Fungsi Column dan Columns ini. Dan pembahasan pertama kita kali ini akan kita mulai dari Fungsi Column terlebih dahulu.

Fungsi Column adalah sebuah rumus yang masih dalam formula lokkup and reference. Fungsi dari rumus tersebut adalah mengetahui posisi kolom yang ada pada tabel yang sudah kita kelola. Dengan menggunakan fungsi Column ini maka kita dapat mengerahui jika data kita yang sednag dicari itu berada di urutan keberapa, sehingga mempermudah pencarian kita nanti.

Untuk Fungsi Column ini memiliki sintak

=COLUMN(reference)

dimana untuk reference tersebut nantinya adalah isian data yang sedang kita kelola untuk mengetahui posisinya. Untuk mempermudah, silahkan anda membuat tabel seperti dibawah ini : (isian tabel bebas)

Fungsi COLUMN
Fungsi COLUMN

Jika sudah, silahkan pindah ke kolom B2, dan silahkan anda masukkan rumus ini ‘=COLUMN(B1)‘ lalu tekan enter. Maka akan muncul hasilnya

Rumus Column
Rumus Column

Lalu untuk mengisi kolom berikutnya, anda bisa langsung menariknya kesamping.

Pasti ada yang bertanya kenapa nomor kolom sama dengan nomor aslinya ?  jawabanya, karena posisi kolom itu, dihitung sesuai dengan nomor kolom pada microsoft excel anda. Cukup jelas kan ?

Selanjutnya yang kedua kita cari tahu penjelasan tentang Fungsi Columns yang ada pad Microsoft Excel. Jika Fungsi Column tadi menentukan posisi kolom, berbeda dengan fungsi Columns yang menghitung jumlah kolom yang sedang kita gunakan pada lembar kerja excel yang kita kerjakan.

Fungsi Columns ini memiliki sintak

=Columns(array)

dan untuk lebih jelasnya anda bisa membuat tabel seperti dibawah ini.

Fungsi COLUMNS
Fungsi COLUMNS

Jika Sudah, silahkan pada bagian kolom F2 anda masukkan rumus berikut ini : =COLUMNS(B2:E2), lalu tekan enter maka akan muncul hasilnya.

Hasil Fungsi COLUMNS
Hasil Fungsi COLUMNS

Kenapa hasilnya ‘4’ ? ya karena kita hanya menggunakan 4 kolom saja, jika anda menambahkan lagi ya nanti hasilnya juga bisa bertambah.

Baca juga Tutorial Rumus Excel VLOOKUP untuk Pemula yang ada pada artikel kami lainnya

Sekian dulu materi dari kita tentang Fungsi Column dan Columns, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *