Fungsi FORMULATEXT Pada Excel Lengkap dengan Contoh

Fungsi FORMULATEXT Pada Excel Lengkap dengan Contoh – Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang masuk dalam keluarga Micorsoft Office bersama dengan Ms.Word dan Ms. Powerpoint. Untuk program Microsoft Excel ini lebih berfokus dalam bidang aritmatika, sehingga sangat cocok digunakan untuk mereka yang bekerja dalam dunia administrasi.

Didalam Microsoft Excel ini memiliki banyak sekali rumus ataupun formula yang siap membantu anda dalam melakukan perhitungan nanti, dan salah satunya yang akan kami bahas kali ini adalah Funngsi Formulatext pada Microsoft Excel.

Fungsi FORMULATEXT merupakan salah satu rumus referensi yang terdapat didalam Microsoft Excel, yang fungsinya adalah untuk mengembalikan sebuah rumus didalam sebuah referensi menjadi sebuah text nantinya.

Dengan menggunakan Fungsi FORMULATEXT ini maka anda nantinya bisa merubah sebuah nilai angka pada Microsoft Excel menjadi sebuah text.  Dengan menggunakan rumus ini anda pun juga bisa untuk menggunakan sebuah format tertentu nantinya dan akan menampilkan teks yang ada. Tak cukup disitu saja, dengan menggunakan Fungsi FORMULATEXT ini maka akan membuat kita akan lebih mudah untuk memadukan antara angka dengan simbol maupun teks nantinya.

Untuk sintaks yang digunakan dalam Fungsi FORMULATEXT ini nanti adalah

=FORMULATEXT(reference)

Maksud reference disini adalah sel atau kolom yang akan kita rubah nilainya menjadi sebuah text.

Sebelum jauh mengenal Fungsi FORMULATEXT, ada bebrapa ketentuan yang harus anda pahami, daintaranya:

Fungsi FORMULATEXT ini akan mengembalikan apa yang telah ditamipilkan dalam rumus dengan memilih sel yang dituju

Untuk argumen referensi ini nanti bisa merujuk pada kembar kerja maupun buku kerja yang lainnya. baca juga Fungsi INDIRECT pada Excel

Jika nantinya argumen ini mengarah ke buku kerja lain yang tak bisa dibuka oleh rumus, maka nantiya Fungsi FORMULATEXT ini akan mengembalikan nilai menjadi kesalahan #N/A

Ada beberapa kasus yang membuat Fungsi FORMULATEXT ini akan mengembalikan nilai keselahan menjadi #N/A, diantaranya:

  • Rumus yang ada didalam sel memiliki panjang melebihi 8192
  • Argumen didalam sel yang dituju bukanlah berisi rumus
  • Buku kerja eksternal yang dituju tidak terbuka di Excel
  • Rumus tak bisa ditampilkan dalam lembar kerja, hal ini bisa terjadi jika lembar kerja excel telah diproteksi

Apabila terdapat data yang tidak valid digunakan sebagai input, maka nantinya akan menghasilkan nilai kesalahan #VALUE!

Setelah mengetahui beberapa ketentuannya, kini saatnya mengerjakan untuk contoh soal tentang Fungsi FORMULATEXT pada Excel berikut ini.

Langkah pertama, silahkan anda buat 4 kolom yang terdiri kolom A, B, Hasil, dan juga Formula Text.

Untuk kolom A dan B silahkan anda anda berikan nilai bebas sesuai dengan keinginan anda.

Lalu untuk kolom C, kita gunakan dulu rumus penjumlahan, yakni silahkan isi kolom C2 dengan rumus berikut ini =SUM(A2:B2), dan saat anda enter akan muncul nilai 25 sebagai hasilnya. Lalu pada bagian kolom D2 yakni bagian Formulatext, silahkan anda masukkan rumus berikut ini: =FORMULATEXT(C2), dan tekan enter. Maka yang akan ditampilkan adalah rumus hitungan anda tadi, yakni =SUM(A2:B2) dalam bentuk teks.

 

 

Lalu untuk kolom C3, kita buat jadi rumus perkalian ya, caranya: =A3*B3 dan tekan enter, maka akan muncul hasil 250. Lalu untuk D3 silahkan masukkan rumus: =FORMULATEXT(C2) dan tekan enter, maka akan mengembalikan nilai berupa rumus tadi, yakni =A3*B3. Begitupun seterusnya.

 

 

Nah itu tadi sedikit informasi tentang penggunaan Fungsi FORMULATEXT pada microsoft excel yang bisa anda coba, semoga apa yang kita sampaikan bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *