Fungsi GETPIVOTDATA pada Excel Dan Cara Menggunakannya

Fungsi GETPIVOTDATA pada Excel Dan Cara Menggunakannya – Microsoft Excel, merupakan salah satu software yang masuk dalam keluarga Microsoft yang berfungsi untuk pengolahan angka. Microsoft Excel dikenal sebagai salah satu program yang menyediakan berbagai rumus atau formula didalam lembar kerjanya.

Keberadaan rumus atau fungsi ini tentunya bertujuan untuk memudahkan penggunannya nanti dalam mengerjakan tugas mereka, terutama yang ada kaitannya dengan pengolahan angka. Formula serta rumus yang ada didalam Microsoft Excel ini memiliki kemampuan serta fungsi yang berbeda-beda, sehingga anda tinggal memilih mana yang anda butuhkan. Dan khusus pada kesempatan kali ini, kita ingin membahas salah satu fungsi yang ada didalam Microsoft Excel yang bernama Fungsi GETPIVOTDATA. Mungkin anda masih asing ya dengan fungsi microsoft excel yang satu ini ? baca juga Rumus HLOOKUP Excel sebagai referensi lainnya

Fungsi GETPIVOTDATA pada Excel ini memiliki fungsi untuk mengembalikan data yang telah tersimpan didalam sebuah PivotTable. Dengan menggunakan fungsi ini anda bisa mengambil data ringkasan dari laporan PivotTable itu apa bila data ringkasan terlihat pada sebuah laporan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimaknya dibawah ini :

Cara menggunakan Fungsi GETPIVOTDATA pada Excel

Untuk syntax dari Fungsi GETPIVOTDATA pada Excel ini adalah :

=GETPIVOTDATA(data_field, pivot_table, [field1, item1, field2, item2], …).

Untuk argumen dari rumus diatas adalah sebagai berikut :

  • Data_field ini adalah sebuah nama yang dimasukkan dalam tanda kutip pada sebuah data yang ingin kita ambil datanya
  • Pivot_table adalah referensi satu yang ada pada laporan Pivot table, data ini nantinya akan diguankan untuk menentukan laporan pivot tabel yang datanya akan diambil
  • Field , item1, Field2, item2, ini merupakan data opsional yang bisa anda isi bebas nantinya, dari 1-126 nama field atau item. Untuk membuat laporan OLAP PivotTable, item bisa berupa nama sumber dimensi serta dapat juga berisi sumber item. Dan pasangan bidang serta item untuk OLAP PivotTable akan tampak seperti gambar berikut ini :

“[Produk]”,”[Produk].[Semua Produk].[Makanan].[Makanan Panggang]”

 

Dengan keterangan sebagai berikut :

  • Item atau bidang terhitung serta perhitungan custome diukutkan dalan perhitungan GETPIVOTDATA
  • Apabila pivot_table merupakan rentang yang mencakup antara dua atau lebih laporan PivotTable, maka data akan diambil dai laporan yang telah dibuat yang paling baru dalam rentang tersebut.
  • Jika argumen item serta bidang mengurangi satu sel, maka nilai sel tersebut akan dikembalikan baik itu berupa angka, string, dan lain sebagainya.
  • Apabila item mempunyai isi berupa tanggal, maka nilai harus ditampilkan menjadi nomor seri atau dapa diisi dengan menggunakan fungsi DATE. Jadi sebuah nilai akan tetap dipertahankan apabila lembar kerja dibuka pada tempat yang berbeda.
  • Apabil pivot_table bukan merupakan rentang tempat dari lporan PivotTable ditemukan, maka GETPOVOTDATA akan mengembalikan #REF!.
  • Apabila argumen tidak menjelaskan atau menguraikan sebuah bidang terlihat, atau bia mencakup filter laporan yang tidak memunculkan data terfilter, GTPIVOTDATA akan mengembalikan nilai kesalahan #REF!.

 

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak gambar tabel excel yang sudah kita siapkan dibawah ini :

 

Fungsi Getpivotdata

 

Pada bagian E12, silahkan anda masukkan fungsi GETPIVOTDATA seperti pada contoh diatas, lalu tekan enter

Rumus sederhana ini berfungsi untuk mengembalikan total keseluruhan bidang penjualan, sehingga hasilnya menjadi $49.33

Cukup sekian dulu informasi dari kami yang membahas tentang Fungsi GETPIVOTDATA pada Excel, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *