Fungsi INDIRECT pada Excel dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi INDIRECT pada Excel dengan Contohnya – Microsoft Excel, merupakan sebuah aplikasi lembar kerja spreadsheet yang memang didistribusikan oleh perusahaan Microsoft Coorporation kepada perangkat PC, baik untuk yang menggunakan sistem operaso MAC OS maupun Microsoft Windows.

Aplikasi Microsoft Excel ini memiliki banyak sekali fungsi maupun fditur didalamnya yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk anda yang bekreja diperkantoran. Maka dari itu, Microsoft Excel ini menjadi satu paket didalam Microsoft office bersama dengan aplikasi Microsoft Word dan juga Microsoft Powerpoint.

Microsoft Excel ini juga memiliki fitur kalkulasi dan juga pembuatan grafik, dengan menggunakan strategi marketing yang begitu agresif sehingga aplikasi Microsoft Excel ini menjadi salah satu aplikasi yang paling populer digunakan untuk mereka yang bekerja di perkantoran.

Dari sekian banyak sekali rumus maupun fungsi yang digunakan dalam microsoft Excel, mungkin yang masih familiar digunakan ialah fungsi SUM, MAX,MIN, AVERAGE, dan sebagainya. Namun pernahkah anda mendengar istilah fungsi Indirect didalam aplikasi Microsoft Excel ini sebelumnya ? dan kira-kira digunakan untuk apakah fungsi tersebut ? mari kita bahas bersama ulasan selengkanya dibawah ini.

Fungsi Indirect merupakan salah satu rumus fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Office Excel. Fungsi ini biasa digunakan untuk mengembalikan referensi yang nantinya akan ditunjukan dengan menggunakan nilai teks.

Fungsi Indirect ini biasanya dimanfaatkan dalam menggunakan sebuah data yang serupa pada sebuah lembar kerja Microsoft Excel yang secara dinamis. Fungsi Indirect ini biasanya juga digunakan untuk mengembalikan sebuah refereni sel yang ditentukan dari String teks.

Untuk menggunakan fungsi ini, anda diharuskan terlebih dahulu untuk memasukkan referensi sel ke dalam sebuah sel yang akan dibaca oleh fungsi indirect tersebut. karena fungsi ini memiliki kegunaan yang terbatas, maka biasannya pengguna akan mengkombinasikannya dengan menggunakan fungsi lain, seperti SUM serta rums excel Offset.

Untuk sintaks dari fungsi Indirect ini adalah

=INDIRECT(ref_text, [a1]),

dari sintaks tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :

Ref_text merupakan sebuah referensi ke sel yang berisi referemsi gaya dari A1, referensi gaya R1C1 maupun refensi ke sel lain yang dijadikan string teks.

Smeetara untuka A1, ini berisi sebuah nilai logika yang berfungsi untuk menentukan jenis referensi apa yang akan terdapat di dalam ref_text tadi. Apabila nilai A1 adalah “true” atau dikosongkan, maka  ref_text akan diterjemahkan sebagai referensi gaya A1, sedangkan jika nilai A1 adalah “False” atau dikosongkan, maka ref_text diterjemahkan sebagai gaya R1C1.

Nah daripada anda bingung, berikut ini kita bagikan contoh soal tentang fungsi Indirect pada Microsoft Excel kepada anda semua.

Langkah pertama silahkan anda buat tabel seperti yang ada dibawah ini, untuk isian ‘angka’anda bisa mengisi dengan angka bebas sesuai dengan keinginan anda.

 

Fungsi Rumus Indirect pada Excel

 

Lalu pada kolom C2, silahkan anda masukan rumus =INDIRECT(A2), lalu tekan enter maka hasilnya akan muncul angka pada kolom B2

Lalu pada kolom C3, silahkan anda masukan rumus =INDIRECT(A3), lalu tekan enter, maka hasilnya pun akan muncul angka dari kolom B3

Lalu pada bagian kolom C4, silahkan anda masukan rumus =INDIRECT(“B”&A4) maka hasilnya akan muncul angka dari kolom B4, seperti gambar dibawah ini

Rumus Indirect pada Excel

 

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan cara menerapkan rumus atau fungsi Indirect ini pada Microsoft Excel ? demikian ulasan dari kami, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu pembaca semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *