Rumus Fungsi Areas dalam Microsoft Excel

Siapa sih yang tidak kenal dengan Microsoft Excel ?? buat anda yang bekerja dan berkutat pada komputer pasti sering menggunakan software ini mengerjakan sesuatu.  Micorosfot Excel adalah salah satu program yang ada dalam software Office yang sering digunakan pegawai kantoran.

Pengolahan data dengan menggunakan Microsoft excel ini sangat membantu, pasalnya didalam program ini terdapat banyak sekali fungsi atau rumus yang sangat membantu pekerjaan kantoran anda nantinya. Dan salah satu fungsi dari Microsoft Excel yang akan kita bahas kali ini adalah Fungsi AREAS.

Fungsi Areas, mungkin masih banyak yang asing tentang rumus ini karena memang jarang sekali orang menggunakannya. Fungsi Areas ini berfungsi untuk mengembalikan jumlah area dalam sebuah referensi. Maksudnya dari Area disini adalah rentang sel yang jaraknya berdekatan atau hanya sel tunggal.

Fungsi Areas ini memiliki sintaks yang cukup sederhana, yakni :

AREAS (reference)

Reference : merupakan referensi ke suatu sel maupun rentang sel yang dapat merujuk ke beberapa area yang akan kita tentukan nantinya. Semisal anda ingin menentukan beberapa referensi yang berfungsi sebagai sebuah argumen tunggal, maka anda diharuskan untuk memasukkan beberapa tanda kurung tambahan nantinya.

Karena jika anda tidak melakukan tersebut, sudah bisa dipastikan jika rumus yang anda masukkan nanti akan error dan tidak muncul hasilnya. Hal itu dikarenakan microsoft excel tidak menginterpretasikan tanda koma sebagai pemisah bidang.

Mungkin saat ini anda masih bingung dengan penjelasan mengenai fungsi AREAS diatas tadi, tapi tenang saja, anda tidak perlu panik. Karena kami akan memberikan contoh mudah yang bisa anda pelajari untuk memahami maksud atau kegunaan dari fungsi AREAS ini.

Contoh Soal :

Sebelum kita mulai menerapkan rumus AREAS ini, ada baiknya anda membuat tabel seperti gambar yang kita sediakan dibawah ini

Fungsi AREAS
Contoh Fungsi AREAS

 

Untuk memudahkan penghitungan, silahkan anda menggunakan banyak sel seperti contoh diatas, agar anda tidak kebingungan nantinya.

Pada kolom fungsi , disitu nanti tempat kita memasukkan rumus AREAS ini, dan pada kolom Area itu adalah sel yang akan kita hitung nantinya.

Jika sudah selesai, silahkan letakkan kursor anda pada A4

Lalu silahkan tulis rumus berikut ini : =AREAS(B4:F4)

Jika rumus yang anda masukkan benar, maka hasilnya akan muncul angka ‘1’.

Lalu pada kolom A5, silahkan anda masukkan rumus berikut ini : =AREAS((B4:F4,B5:E5))

Fungsi AREAS
Fungsi AREAS

Jika rumus anda benar, maka hasil yang akan muncul adalah angka 2.

Perlu anda ingat, seperti penjelasan kita diatas tadi sebelumny,dimana tanda ‘koma’ itu oleh microsoft excel tidak bisa dianggap sebagai pemisah bidang. Jika anda menggunakan tanda koma saja, maka hasilnya akan error. Maka perlu anda tambahkan dengan 1 tanda kurung buka kurung tutup diawal dan akhir.

Logikanya, jika kita menghitung untuk 2 sel, maka kita harus menggunakan 2 kurung buka kurung tutup. Dan jika anda menghitung 3 sel, maka anda perlu menambahkan 3 kurung buka dan kurng tutup diawal rumus, dan seterusnya.

baca juga mengenai Tutorial Rumus HLOOKUP Excel dan Tutorial Rumus Excel VLOOKUP pada artikel kami lainnya

Karena jika anda hanya menggunakan tanda ‘koma’ saja sebagai pemisah, maka microsoft excel menganggap hal tersebut bukan pemisah, dan hasilnya microsoft excel tidak menerapkan fungsi AREAS ini.

Demikian informasi tentang Fungsi AREAS yang dapat kita bagikan kepada anda semua, semoga artikel yang kita tulis kali ini bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa share ke teman anda juga ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *