Rumus Fungsi Row dan Rows dalam Microsoft Excel

Rumus Fungsi Row dan Rows dalam Microsoft ExcelMicrosoft Excel adalah sebuah software maupun perangkat lunak yang diproduksi oleh perusahaan Microsoft dan memiliki bentuk spreadsheet, biasanya software ini digunakan oleh seseorang untuk melakukan kalkulasi angka maupun grafik dalam pekerjaannya.

Aplikasi Microsoft Excel ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi pada perangkat PC, mulai dari Windows maupun pada perangkat Maccintosh atau Mac OS. Karena software ini bisa digunakan dalam berbagai sistem operasi dan memiliki fitur yang sangat lengkap, maka dari itu software Microsoft Excel ini sangat banyak yang menggunakannya.

Apalagi kemudahan dalam melakukan penghitungan administratif juga menjadi poin plus tersendiri kenapa banyak orang yang menyukainya. Berbicara mengenai fitur, didalam Microsoft excel ini memiliki banyak sekali fungsi atau rumus yang mempermudah penggunannya nanti. Dan salah satu fungsi yang bakalan kita bahas kali ini adalah Fungsi Row dan Rows.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Fungsi Row dan Rows ini, tidak ada salahnya kita perkenalan awal dulu tentang kedua fungsi tersebut. Fungsi Row dan Rows berguna untuk mengembalikan jumlah baris atau bisa juga mengembalikan nomor baris dalam referensi.

Diawal pasti masih banyak yang bingung tentang kegunaan dari kedua fungsi tersebut, namun anda tidak perlu khawatir karena rumuslengkap.com bakalan mengupas tentang kegunaan dari kedua fungsi itu untuk anda semua, lengkap dengan contohnya sekalian. Tidak perlu berlama-lama lagi, mari langsung saja kita simak bersama ulasan tentang Fungsi Row dan Rows dibawah ini.

Fungsi Row

Fungsi Row digunakan untuk mengembalikan jumlah baris referensi,  dan fungsi ini memiliki sintak seperti berikut :

Row (reference)’

Maksud dari reference ini adalah sel yang akan kita hitung nantinya.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung mengerjakan contoh seperti dibawah ini :

Silahkan anda membuat tabel seperti pada gambar, untuk isinya kali ini kita membuat contoh dari data sepeda motor yamaha.

Fungsi ROW

 

Jika sudah, silahkan anda masukkan rumus berikut ini pada kolom B2 : =ROW(B1), lalu tekan enter, dan hasilnya akan muncul

Untuk kolom selanjutnya, anda bisa mengisi seperti pada kolom B2 tadi. Dan hasilnya seperti berikut ini :

 

Fungsi Rumus ROW
Fungsi Rumus ROW

Pasti banyak yang bertanya, kenapa kok hasilnya semua 1 ? iya karena rumus tersebut menghitung dari nomor kolom yang sebenarnya.

Fungsi ROWS

Sementara untuk Fungsi Rows ini berguna untuk menggembalikan nomor baris yang berada pada referensi atau larik. Fungsi ini memiliki sintak seperti berikut:

‘Rows (array)’

Maksud dari array disini adalah nilai atau sel yang akan hitung angkanya untuk mengetahui hasilnya.

Untuk lebih mengenal jelas tentang fungsi Rows ini, silahkan anda membuat tabel dibawah ini mirip dengan yang fungsi Row tadi.

Fungsi ROW

Jika sudah, silahkan anda tambahkan kolom hasil pada bagian pojok sendiri, kolom ini nantinya digunakan untuk menghitung atau menempatkan rumus Rows tersebut.

Setelah selesai semua, lalu pada bagian kolom hasil anda masukkan rumus berikut ini : =ROWS(B2:E2), tekan enter, dan muncullah hasilnya.

 

Fungsi ROWS
Fungsi ROWS

Berbeda dengan fungsi Columns yang menghitung jumlah kolom yang telah kita gunakan, kalau untuk Rows ini mengembalikan kembali nomor baris yang berada pada referensi maupun larik.

Nah mungkin cukup sekian dulu materi dari kita yang  membahas tentang Fungsi Row dan Rows yang terdapat pada program Microsoft Excel. Semoga apa yang sudah kita bagikan ini bermanfaat untuk anda semua ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *