Tutorial Rumus HLOOKUP Excel

Inilah tutorial rumus HLOOKUP Excel untuk mempermudah pengerjaan data dengan lebih cepat. Fungsi referensi HLOOKup tentu akan makin komplit dan sakti kalau digabung juga dengan rumus macro seperti dalm artikel excel sebelumnya.

Excel dianggap sebagai software spreadsheet terbaik di dunia dan dengan dirilisnya program Office 365 baru yang meliputi layanan awan dan biaya berlangganan bulanan, Excel harus mempertahankan gelar sebagai kertas kerja terbaik di dunia. Excel menawarkan lebih dari 400 fitur built-in, dan mudah untuk digunakan serta sangat membantu untuk pekerjaan yang berhubungan dengan membuat analisis data dan manipulasi data yang sangat sederhana. HLOOKUP adalah salah satu fungsi yang terkenal di dalam Excel dan pada tutorial ini akan ditunjukkan bagaimana cara untuk menggunakan fungsi HLOOKUP untuk pencarian data dalam tabel berdasarkan nilai-nilai yang Anda pilih.

Tutorial ini dirancang untuk pemula, tetapi dibutuhkan juga beberapa keterampilan dasar Excel yang diperlukan untuk membuat lembar kerja dan mengikuti dengan sabar langkah demi langkah petunjuk  yang diberikan dalam tutorial. Jadi di dalam tutorial ini diasumsikan Anda sudah bisa membuat workbook, bagaimana mengelola workbook dan worksheet Anda.

Pengertian dan Penulisan HLOOKUP

Fungsi dari Microsoft Excel HLOOKUP adalah melakukan pencarian horisontal dengan mencari nilai di baris atas sebuah tabel dan mengembalikan nilai dalam kolom yang sama berdasarkan index_number tersebut.

Penulisan dari rumusan HLOOKUP bisa Anda lihat dai bawah ini:

HLOOKUP( value, table, index_number, [not_exact_match] )

Parameter atau Argumen adalah:

Value adalah nilai untuk mencari pada baris pertama dari tabel
Table adalah dua atau lebih baris data yang diurutkan dalam urutan menaik.
index_number adalah jumlah baris dalam tabel yang mana nilai yang sesuai harus dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
not_exact_match adalah opsional. Ini akan menentukan apakah Anda sedang mencari nilai yang sama persis.

Masukkan FALSE untuk menemukan nilai yang sama persis. Masukkan TRUE untuk menemukan perbandingan perkiraan nilai, yang berarti bahwa jika nilai yang sama persis jika tidak ditemukan, maka fungsi HLOOKUP akan mencari nilai terbesar berikutnya yang kurang dari nilai yang dicari tersebut. Jika parameter ini diabaikan, HLOOKUP akan kembali ke perbandingan perkiraan nilai.

Hal yang Perlu Diingat

  • Jika index_number kurang dari 1, fungsi HLOOKUP akan menunjukkan hasil #VALUE !.
  • Jika index_number lebih besar dari jumlah kolom dalam tabel, fungsi HLOOKUP akan menunjukkan hasil #REF !.
  • Jika Anda memasukkan FALSE untuk parameter not_exact_match dan tidak ada nilai yang sama persis seperti yang ditemukan, maka fungsi HLOOKUP akan menunjukkan hasil #N/A.

Rumus fungsi HLOOKUP ini dapat Anda aplikasikan pada beberapa versi Excel, seperti Excel 2013, Excel 2011 for Mac, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP, Excel 2000.

Contoh Penggunaan Rumus

Di sini, telah disediakan contoh lembar kerja untuk mempermudah pemahaman tutorial ini dan menunjukkan bagaimana menggunakan fungsi HLOOKUP. Lembar kerja ini berisi item, kode item dan harga barang untuk toko kelontong fiktif.

Inilah yang data yang dimiliki oleh toko kelontong fiktif

tutorial rumus hlookup excel
Contoh data penggunaan rumus excel hlookup

Fungsi HLOOKUP sangat mirip dengan fungsi MATCH dan LOOKUP. Fungsi MATCH sangat membantu Anda dalam hal mencari dan memberikan data yang Anda inginkan, sedangkan fungsi LOOKUP akan memungkinkan Anda menguasai lembar kerja Anda.

Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP di Excel

Ada dua cara untuk mengakses fungsi built-in yang dibawa oleh Excel. Jika Anda tahu nama-nama fungsi tersebut, maka Anda dapat mengetik fungsi langsung ke sel target di mana Anda inginkan jawabannya muncul dan juga menambahkan berbagai parameter yang diperlukan untuk fungsi tersebut. Jika Anda tidak tahu nama fungsi yang dibawa oleh Excel atau parameter yang diperlukan, maka Anda dapat memilih fungsi dari menu rumus di Excel. Tutorial ini akan menunjukkan metode yang digunakan untuk mengakses fungsi.

Untuk menggunakan formula, Anda perlu tahu rumus apa yang digunakan dan parameter rumus apa yang dibutuhkan untuk menghitung jawaban atau dalam hal ini mencari jawabannya. Fungsi HLOOKUP mencari data pada tabel atau array dalam Excel untuk nilai tertentu dan kemudian mengembalikan nilai yang sesuai dari kolom data.

Mari kita mempelajari bagaimana kita dapat menerapkan fungsi ini dalam data contoh kita di atas tadi.

Cara menggunakan Rumus HLOOKUP untuk Menemukan Harga Item

Mari kita asumsikan bahwa kita ingin menuliskan nama item dan memiliki harga yang sudah tercantum di dalam lembar kerja Excel. Untuk memudahkan pekerjaan ini kita perlu menggunakan fungsi HLOOKUP.

Untuk menggunakan fungsi, pilih sel target yang ingin Anda munculkan jawabannya, lalu pilih menu formula dari menu bar di Excel. Pilih tap Lookup & Reference untuk mengakses fungsi HLOOKUP.

rumus hlookup langkah ke 2
data olahan untuk rumus hlookup excel

Pilih HLOOKUP dan kemudian tambahkan parameter di jendela rumus. Maka inilah rumus HLOOKUP di atas akan terlihat seperti di bawah ini:

rumus hlookup langkah ke 3
Memproses data dengan rumus hlookup excel

Parameter lookup_value memberitahu Excel apa yang kita cari. Dalam hal ini kita telah mengetik Apel sehingga Excel akan mencari “Apel” dalam tabel yang kita punya. Parameter table_array memberitahu Excel tabel mana yang nilainya sedang dicari. Parameter Row_index_num memberitahu Excel untuk mengembalikan nilai di baris tertentu jika menemukan nilai yang kita cari. Dan terakhir, parameter FALSE memberitahu Excel untuk menemukan nilai yang sama persis untuk kondisi pencarian yang kita inginkan.

Fungsi HLOOKUP mencari item dalam tabel dan mengembalikan nilai dalam indeks baris yang sesuai. Sedangkan fungsi VLOOKUP dalam Excel adalah melakukan pencarian dalam tabel atau array dan mengembalikan nilai dari indeks kolom yang sesuai. Jika Anda data disimpan dalam bentuk kolom bukan array, maka Anda harus menggunakan fungsi dari VLOOKUP untuk memudahkan pekerjaan Anda. VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan bagian dari beberapa fungsi yang canggih

Dari pekerjaan di atas, maka kita akan mendapatkan hasil seperti berikut:

rumus hlookup langkah ke 4
contoh hasil pemanggilan data dengan rumus excel hlookup

Kita dapat membuatnya lebih mudah. Mari kita asumsikan ada sejumlah orang yang bekerja di toko dan mereka ingin mencari item dan harga tanpa belajar bagaimana menggunakan fungsi HLOOKUP. Alih-alih menggunakan “Apel” sebagai parameter untuk  lookup_value, kita dapat menetapkan nilai sel pada lookup_value dan kemudian karyawan hanya tinggal mengetikkan nama item.

Lalu bagaimana jika kita sedikit melakukan perubahan? Inilah formula baru kita yang akan kita lihat ketika kita menggunakan C2 sebagai lookup _value:

rumus hlookup langkah ke 5
contoh rumus hlookup dan contohnya

Jika karyawan kita mengetikkan Jeruk di C2, maka Excel akan mencari “Jeruk” dan kembali dengan menunjukkan harga untuk item yang dimaksud:

rumus hlookup langkah ke 6
hasil olah data dengan rumus hlookup dan contohnya

Kita dapat membuat proses ini lebih mudah bagi karyawan kita dengan membuat daftar dropdown bagi karyawan untuk memilih, daripada harus mereka mengetikkan nama item secara manual.

Untuk membuat daftar dropdown, pilih sel C2 – ini adalah di mana kita ingin memunculkan daftar dropdown, kemudian pilih Data Validation dari menu Data seperti di bawah ini:

rumus hlookup langkah ke 7
contoh validasi data rumus hlookup

Untuk menu souce, isikan rumus berikut =$C$5:$I$5

Maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut:

rumus hlookup langkah ke 8
contoh hasil akhir pemrosesan data dengan rumus excel hlookup

Untuk membuat menu dropdown semua nama-nama item, pilih daftar dari menu dan pilih kisaran sel yang akan dimasukkan ke dalam kotak dropdown.

Anda juga bisa membuat daftar dropdown dengan mengacu pada rentang dari lembar kerja Anda. Sekarang Anda atau karyawan Anda dapat dengan mudah mengklik daftar item pada menu dropdown, dan memilih item serta harga yang sesuai dan secara otomatis Excel akan memunculkan harga dalam kolom harga.

Tutorial rumus HLOOKUP Excel kali ini adalah seri 3 rumus sakti dalam Microsoft Excel. 2 rumus excel penting lainnya bisa dibaca pada:

Begitulah tutorial rumus HLOOKUP excel kita kali ini. Fungsi referensi ini akan sangat dibutuhkan untuk mempermudah mengerjakan data dengan lebih cepat.

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *