Cara Menggunakan Fungsi SUMPRODUCT Pada Excel

Dengan hadirnya Microsoft Excel dalam kehidupan tentunya sangat membantu, apalagi bagi para pekerja kantoran, dengan Microsoft Excel segala pekerjaan mereka akan cepat dan mudah diselesaikan dalam waktu sekejap saja.

Baik, pada kesempatan ini saya akan mencoba menggunakan salah satu fungsi pada Excel yaitu fungsi SUMPRODUCT. Apa itu SUMPRODUCT? Fungsi ini merupakan formula Excel untuk mengalikan (perkalian) komponen-komponen terkait dalam array, artinya dua atau lebih nilai array dikalikan sehingga di dapat jumlah hasil perkalian tersebut. Rumusnya sebagai berikut.

SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], …)

 Keterangan :

  • Array1, Argumen array pertama yang komponennya ingin Anda kalikan lalu tambahkan.
  • Array2, array3,…, Argumen array 2 sampai 255 yang komponennya ingin Anda kalikan lalu tambahkan.

Sebagai contoh menjumlahkan Nilai 1 dan Nilai 2.

contoh 1 menggunakan fungsi sumproduct ms excelHasil 766 diatas didapat dari rumus =SUMPRODUCT(B3:B5,C3:C5) jika dijabarkan akan seperti ini (15 x 20) + (10 x 16) + (34 x 9) = 766

Contoh lain, Misalnya dalam kasus penghitungan jumlah CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Laki-Laki yang diterima dalam test CPNS. Bagaimana cara menyelesaikan kasus tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka kita dapat menggunakan fungsi SUMPRODUCT. Misalkan data-datanya dibuat seperti berikut ini.

contoh 2 menggunakan fungsi sumproduct ms excelDari data diatas, kita coba ketikan rumus =SUMPRODUCT(-(D3:D17=”L”),-(F3:F17=”Diterima”)) pada kolom cell F18.

Catatan : karena pada contoh di atas menggunakan Microsoft Excel 2010, tanda koma (,) pada rumus bisa diganti dengan tanda titik koma (;) untuk support di Microsoft Excel 2007 atau Microsoft Excel 2003, kemudian untuk mengunci rumus bisa sisipkan tanda ($) sehingga menjadi =SUMPRODUCT(-($D$3:$D$17=”L”),-($F$3:$F$17=”Diterima”))

Setelah rumus dimasukan pada kolom cell F18, maka hasilnya seperti pada tampilan berikut.

contoh 3 menggunakan fungsi sumproduct ms excelMaka hasil Jumlah CPNS Laki-Laki yang diterima adalah sebanyak 7 orang, jika masih kurang yakin bisa dihitung pada tabel, saya berikan tanda warna untuk jumlah Laki-Laki yang diterima.

contoh 4 menggunakan fungsi sumproduct ms excelDengan demikian, hal ini dapat mempermudah dalam menghitung jumlah data yang banyak dalam menentukan kriteria tertentu. Bayangkan jika harus menghitung secara manual, seharusnya bisa mengerjakan pekerjaan yang lain, tetapi masih berkutat dengan data tersebut dan hanya akan menghabiskan waktu dengan percuma. Maka disinilah letak kesaktian Microsoft Excel, cepat, mudah, efektif dan efisien.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *