Fungsi FISHER dan FISHERINV Pada Excel Dengan Contohnya

Fungsi FISHER dan FISHERINV Pada Excel Dengan Contohnya – Microsoft Excel merupakan anggota dari program aplikasi microsoft office bersama dengan Microsoft Word dan Microsoft Power Point. Untuk Microsoft Excel ini sebuah program yang dikhususkan untuk pengolahan angka.

Aplikasi Microsoft Excel ini sering kali digunakan oleh mereka yang bekerja dalam bidang akuntansi, karena dimanfaatkan untuk menulis atau mencatat pengeluaran dan pemasukan dari sebuah perusahaan.

Dalam dunia rumah tangga, Microsoft Excel ini juga bisa lho digunakan oleh para ibu-ibu yang ingin mencatat keuangan dalam rumah tangga mereka, seperti pemasukan dan pengeluaran tiap bulanan maupun mingguan nantinya.

Karena banyaknya fungsi yang disediakan oleh Microsoft Excel ini, maka jangan heran jika hingga saat ini program tersebut masih saja diandalkan oleh banyak orang, dan bahkan beberapa aplikasi pengolah angka terbaru pun masih belum bisa menyaingi kecanggihan dari program aplikasi Microsoft Excel ini.

Nah untuk kesempatan kali ini kami ingin mengulas beberapa fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel kepada anda semua, dan rumus itu adalah fungsi Fisher dan Fisherinv pada excel. Untuk anda yang masih bingung tentang kegunaan dari rumus ini, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi FISHER adalah sebuah rumus yang fungsinya untuk mengembalikan nilai tranformasi Fisher pada X. Dengan transformasi ini dimaksudkan untuk mengembalikan sebuah fungsi yang nantinya didistribusikan secara normal serta tidak condong. Biasanya fungsi ini akan sangat berguna untuk melakukan pengujian pada sebuah hipotesisi di sebuah koefisien korelasi.

Sebelum anda menggunakan fungsi Fisher ini, alangkah baiknya jika mengetahui dulu beberapa peraturan yang harus dipenuhi, diantaranya:

  • Jika angka yang anda gunakan non numerik, maka fungsi Fisher ini akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #VALUE!
  • Jika x ≤ -1 atau jika x ≥ 1, maka fungsi Fisher akan mengembalikan nilai kesalah menjadi #NUM!
  • Untuk persamaan yang digunakan dalam transformasi fungsi Fisher ini adalah:

 

Nah untuk lebih mudahnya, silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini.

 

Pada bagian Sel A merupakan keterangan saja, sementara untuk sel B merupakan hasil dari perhitungan Fungsi Fisher tadi.

Pada bagian Sel B2, maksudnya adalah merupakan transformasi Fisher dari angka 0,75, dan hasilnya adalah: 0.972955075. Begitupun seterusnya

Sementara untuk Fungsi FISHERINV pada excel memiliki fungsi yang berguna untuk mengembalikan inversi dari transformasi pada Fisher. Untuk fungsi yang satu ini sangat berguna untuk menganalisa korelasi antara rentang dan juga array data. Jika Y= Fisher(X), maka FISHERINV (Y) = X.

Jadi pada intinya, Fungsi FISHERINV ini merupakan kebalikan dari Funsgi FISHER. Fungsi ini pun memiliki beberapa ketentuan yang harus anda ketahui sebelum mengerjakannya, yakni:

Jika angka yang ada didalamnya nonnumerik, maka Funsgi FISHERINV ini akan memberikan nilai kesalahan #VALUE!

Untuk persamaan yang yang digunakan Funsgi FISHERINV untuk inversi transformasi Fisher adalah:

Nah untuk lebih mudah memahami dari Funsgi FISHERINV ini, anda bisa menyimak contoh soal yang ada dibawah ini.

 

Pada bagian Sel D merupakan keterangan saja, sementara untuk sel E merupakan hasil dari perhitungan Fungsi Fisherinv tadi.

Pada bagian Sel B2, maksudnya adalah merupakan transformasi Fisher dari angka

0.972955075, dan hasilnya adalah: 0. 75. begitupun seterusnya

Nah bagimana sobat? Sudah pahamkan maksud atau kegunaan dari Fungsi FISHER dan FISHERINV pada excel? Nah mungkin cukup sekian dulu ya informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *