Fungsi FREQUENCY Pada Excel Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi FREQUENCY Pada Excel Lengkap Dengan Contohnya – Microsft Excel awalnya merupakan sebuah aplikasi yang berjalan dalam sistem operasi windows, dimana ia ditemani dengan aplikasi lain seperti Microsoft Word dan Microsoft Power Point. Sebenarnya masih ada banyak lagi, namun yang paling sering digunakan dalam aktifitas sehari-hari adalah ketiga aplikasi tersebut.

Untuk Microsoft Excel ini sendiri berbeda ya dengan microsoft word dan power point, karena ketiganya memiliki fungsi masing-masing. Untuk Microsoft Excel ini lebih sering digunakan untuk pekerjaan yang ada kaitannya dengan perhitungan matematika, dan Excel ini merupakan andalan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Hal ini cukup beralasan ya, pasalnya didalamĀ  ini terdapat banyak sekali rumus maupun fungsiĀ  yang bisa digunakan untuk melakukan pengitungan cepat dengan jumlah data yang banyak. Keunggulan dari rumus yang ada di Microsoft Excel ini adalah bisa digunakan secara otomatis nantinya, misalkan jika anda ingin menghitung sebuah rata-rata dari data yang anda miliki, bisa menggunakan rumus MAX untuk nilai tertinggi dan MIN untuk nilai terendah.

Namun pada kesempatan kali ini kami tak ingin membahas artikel tersebut, melainkan tentang Fungsi FREQUENCY pada Excel. Wah pastinya anda belum pernah mendengar mengenai rumus ini ya? Baiklah langsung saja kita simak bersama ulasannya dibawah ini. baca juga Fungsi Median Di Excel Lengkap dengan Contohnya

Fungsi FREQUENCY pada Excel ini dapat kita pergunakan untuk menghitung seberapa sering sebuah nilai muncul didalam sebuah range data, lalu menghasilkan sebuah nilai array yang bentuknya vertikal. Untuk Fungsi FREQUENCY ini memiliki sintaks berupa

=FREQUENCY(data_array, bins_array)

Data_array: adalah sebuah array atau alamt sel yang didalamnya ada data numberik dan akan kita hitung frekuensinya jika argumen didalamnya ini tidak mengandung sebuah nilai, naka FREQUENCY nantinya akan menghasilkan array nol (0).

Bins_array: adalah sebuah array ataupun alamat sel yang didalamnya berisi nilai interval, jika didalam bins_array ini tidak mengandung nilai, maka nantinya FREQUENCY akan menghasilkan jumlah elemen dalam-data_array

Fungsi FREQUENCY ini tidak akan berlaku jika sel-sel yang digunakan dalam keadaan kosong atau berupa data teks

Fungsi FREQUENCY ini juga harus dimsukkan sebagai rumus nantinya, hal ini dikarenakan FREQUENCY akan menghasilkan sebuah array. Nah untuk memasukkan rumus FREQUENCY ini sebagai rumus array didalam sel, maka silahkan ekan Ctrl+Shift+Enter.

Nah untuk anda agar kebih memahami tentang Fungsi FREQUENCY pada excel ini, maka kami akan memberikan sedikit contohnya untuk anda semua dibawah ini:

Seperti biasa, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah tabel data untuk dihitung nilai frequancynya nanti. Untuk sel A silahkan anda isi untuk bagian nilai, dan pada kolom B di isi Bins_Array. Silahkan contoh tabel dibawah ini

 

Fungsi Frequency

 

Jika sudah, silahkan geser kekanan untuk membuat tabel perhitungannya nanti. Seperti dibawah ini:

 

Rumus frequency

 

Nah untuk bagian ini, mari kami berikan penjelasan satu persatu. Untuk kolom F2 kenapa mendapatkan nilai 1? karena memang dari tabel diatas yang memiliki nilai kurang dari 70 hanya 1 saja, yakni nilai 50.

Lalu selanjutnya untuk F3 mendapat hasil 2, karena memang disini jumlah skor yang berada diantara nilai 71-79 hanya ada 2, yakni angka 78 dan 79. Begitupun seterusnya.

Nah bagaimana sobat? Penjelasan dari kami tentang Fungsi FREQUENCY pada excel kali ini cukup mudah bukan? Untuk lebih mendalami rumus ini, silahkan anda coba sendiri dirumah ya dengan merubah beberapa data yang ada didalamnya.

Cukup sekian dulu informasi tentang Fungsi FREQUENCY pada excel yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *