Fungsi GEOMEAN Pada Excel Dengan Contohnya

Fungsi GEOMEAN Pada Excel Dengan Contohnya – Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi masalah dalam dunia aritmatika, seperti contohnya dibidang administratif. Hal ini mungkin cukup masuk akal ya karena memang didalam Microsoft Excel ini telah disediakan berbagai rumus untuk memudahkan anda dalam melakukan penghitungan nanti.

Penggunaan rumus yang ada didalam Microsoft Excel ini dimaksudkan bisa mempercepat pekerjaan anda nanti jika dituntut untuk melakukan penghitungan cepat dalam jumlah data yang begitu banyak. jadi anda pun nanti tak perlu pusing lagi dan bisa menghemat waktu juga nantinya.

Namun perlu di ingat, setiap rumus yang dibekalkan dalam Microsoft Excel ini memiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda, jadi untuk anda yang ingin menggunakannya pun juga harus hafal mengenai rumus-rumus tersebut. baca juga Fungsi Median Di Excel Lengkap dengan Contohnya

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas tentang salah satu rumus yang dimiliki oleh Microsoft Excel, rumus itu adalah GEOMEAN. Nah seperti apa penjelasannya? Silahkan anda simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi GEOMEAN merupakan salah satu rumus yang terdapat dalam Microsoft Excel yang fungsinya untuk mengembalikan rata-rata geometrik dari sebuah array atau rentang data data positif. Seperti contohnya anda bisa menggunakan Fungsi GEOMEAN untuk menghitung nilai rata-rata sebuah pertumbuhan dari tanaman dengan menggunakan sebuah angka variabel.

Untuk sintaks dari Fungsi GEOMEAN ini adalah

GEOMEAN (Number1, number2)

Untuk nomor yang digunakan dalam sintaks ini adalah opsional, tergantung dengan data yang ingin anda hitung nantinya.

Ada beberapa ketentuan yang harus anda ketahui sebelum memulai menggunakan Fungsi GEOMEAN ini, diantaranya:

Untuk argumen ini bisa berupa angka, array, nama maupun referensi yang berisi angka didalamnya

Untuk nilai logika dan juga teks representasi angka yang akan dihitung nanti akan secara otomatis masuk dalam daftar argumen

Jika array atau argumen yang ingin anda hitung berupa teks, sel kosong, maupun nilai logika, hal ini tak akan mempengaruhi hitungan, karena Fungsi GEOMEAN ini akan mengangap jika nilai tersebut adalah Nol

Apabila ada argumen yang menjadi nilai kesalahan atau sebuah text yang tak bisa diartikan oleh Fungsi GEOMEAN ini, maka bisa menyebabkan kesalahan nantinya.

Apabila nantinya titik data ≤ 0, maka Fungsi GEOMEAN ini akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #NUM!

Setelah mengetahui beberapa ketentuan diatas, mari langsung saja kita mulai contoh soal untuk mengerjakan Fungsi GEOMEAN pada Excel berikut ini.

Langkah pertama, silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini.

 

Fungsi geomean

 

Ada 3 tabel yang harus anda buat, yakni No, Data 1, dan Data 2, sementara pada bagian bawah tabel diberikan kolom hasil untuk mencari nilai geometrik nanti. Jumlah tabel dan nilai angka yang ada didalamnya bebas, sesuai dengan keinginan anda saja.

Jika contoh diatas, untuk bagian kolom B12, silahkan anda masukkan rumus berikut ini: =GEOMEAN(B2:B11), dan tekan enter. Maka akan muncul hasilnya yakni 3.796510662. maksud dari hasil ini adalah nilai geometrik dari data di B2 hingga B11. Nah untuk mencari hasil dari data 2, anda tinggal menariknya saja ke arah kanan pada bagian hasil, maka akan muncul jawabannya.

 

Rumus geomean

 

Bagaimana sobat? Cukup mudah bukan penjelasan tentang Fungsi GEOMEAN kali ini? untuk anda yang penasaran, silahkan mencoba sendiri dirumah apakah rumus yang kami jelaskan tadi berhasil apa tidak. Demikian informasi dari kami tentang Fungsi GEOMEAN pada excel yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *