Fungsi Median Di Excel Lengkap dengan Contohnya

Fungsi Median Di Excel Lengkap dengan Contohnya – Microsoft Excel , merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang merupakan bagian dari satu paket Microsoft Office besama dengan Microsoft Word dan juga Micorosft Powerpoint. Yang membedakannya dengan software lainnya, Microsoft Excel merupakan perangkat lunak yang berjenis Spreadsheet.

Pada awal pendiriannya, Microsoft Excel ini merupakan sebuah aplikasi yang beridi sendiri bukan bagian dari Microsoft Office. Namun dikarenakan fungsi dari aplikasi ini sangat berguna untuk perkantoran, maka Microsoft Excel ini dimasukan pula kedalam Microsoft office.

Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsfot Coorporation bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS maupun Microsoft Windows. Didalam aplikasi Microsoft Excel ini terdapat banyak sekali fungsi yang berguna untuk membantu penggunannya  dalam mengerjakan setiap tugas.

Dan salah satu fungsi dari Microsoft Excel yang akan kita bahas kali ini adalah Fungsi Median, seperti apakah penjelasannya ? simak ulasan berikut ini.

Fungsi Median, merupakan sebuah fungsi statistik yang ada didalam Microsoft Excel. Dengan menggunakan fungsi Median ini, maka kita bisa menghitung nilai tengah dari serangkaian angka yang terdapat dalam sebuah tabel.

Untuk sintaks dari median sendiri adalah :

MEDIAN (number 1, [number 2],..),

fungsi tersebut memiliki penegertian, yakni : Number merupakan sebuah angka optional yang akan kita hitungh nanti, anda bisa memilih angka mulai dari 1 sampai 255 nantinya, sesuai dengan keinginan anda.

Dalam fungsi median ini, ada beberapa hal yang perlu anda pahami, diantaranya :

  1. Apabila serangkaian angka yang anda inputkan jumlahnya genap, maka fungsi median ini akan menghitung rata-rata dua angka yang letaknya berada di tengah.
  2. Untuk argumennya sendiri, anda bisa menggunakan angka, nama, array, maupun sebuah referensi yang berisi angka
  3. Nilai logika serta teks representasi angka yang akan anda tuliskansecara langsung kedalam daftar argume yang akan anda hitung nanti
  4. Apabila array maupun argume yang berisi teks, nilai logika, maupun sel itu kosong, maka akan secara otomatis akan diabaikan dari hitungan. Namun jika sel tersebut bernilai nol, maka akan masuk dala hitungan
  5. Apabila ada kesalahan dalam hitungan, kemungkinan anda salah dalam memasukkan nilai maupun teks yang tak mampu dibaca oleh sistem

Setelah memahami beberapa hal yang ada didalam fungsi median, kini saatnya kita langsung masuk dalam contoh soal agar lebih jelasnya. baca juga Penggunaan dan Contoh Rumus Large pada Excel

Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah, silahkan membuat tabel yang berisi nilai maupun teks bebas sesuai dengan keinginan anda,seperti contoh berikut ini :

Fungsi Median

Jika sudah, maka silahkan anda masukkan rumus berikut ini =Median(C2:C13) pada bagian kolom D, lalu tekan Enter

Maka anda akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini.

Rumus Median

Karena jumlah kolom yang ada dalam contoh soal jumlahnya genap, maka nilainya pun akan menjadi pecahan. Namun jika jumlah kolomnya ganjil, maka akan menghasilkan nilai yang genap, seperti contoh dibawah ini.

Rumus Median Excel

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan untuk menerapkan fungsi Median pada Micoroft Excel ini ? anda bisa mencobanya sendiri dirumah seperti contoh diatas. Untuk isian kolomnya bebas, anda bisa menggunakan sebuah angka maupun teks, karena fungsi Median ini hanya akan menghitung jumlah kolom yang anda gunakan.

Demikian informasi dari kami tentang fungsi Median di microsoft Excel, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *