Fungsi Rumus AVEDEV Pada Excel

Fungsi Rumus AVEDEV Pada ExcelUntuk anda yang kebetulan saat ini bekerja di perkantoran pastinya sudah tidak asing lagi ya dengan program Microsoft excel ini ? ya memang Microsoft Excel ini memang merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting dan sangat bisa membantu menyelesaikan pekerjaan yang berurusan dengan data berupa angka.

Microsoft Excel dikenal semua orang dengan banyaknya rumus-rumus ataupun formula didalamnya. Keberadaan rumus atau formula ini sangatlah efektif untuk memudahkan anda dalam membuat sebuah laporan pekerjaan yang berupa data angka nanti.

Disetiap rumus atau fungsi yang terdapat dalam microsoft excel ini memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda, sehingga anda tak bisa menggunanakan 1 rumus saja untuk menyelesaikan setiap masalah anda.

Seperti contohnya beberapa rumus fungsi excel yang sering digunakan adalah seperti SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas rumus tersebut, melainkan rumus microsoft excel lainnya yakni Rumus AVEDEV.

Nah mungkin anda masih belum begitu kenal dengan rumus excel yang satu ini ya ? pasalnya memang rumus tersebut jarang digunakan oleh mereka yang sering menggunakan microsof excel. Nah untuk itu, kali ini kami datang untuk membantu anda yang kebetulan sedang mencari informasi tentang Rumus AVEDEV untuk menyelesaikan masalah anda. Tak perlu berlama-lama lagi, silahkan anda simak ulasannya dibawah ini :

Rumus AVEDEV adalah sebuah rumus yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata deviasi mutlak dari sebuah data point rata-rata. Dimana AVEDEV disini adalah ukuran dari sebuah variabelitas dari sekumpulan data yang ada.

Untuk rumus AVEDEV ini, memiliki sintaks sebagai berikut :

AVEDEV (Number1,[number2],..)

dengan argumen : Number 1 harus anda tentuan, dan angka selanjutnya adalah opsional, terserah berapa banyak jumlah data yang anda miliki. Untuk argumen ini bisa dimulai dari angak 1 hingga 255 yang ingin anda dapatkan nilai rata-rata simpangan mutlaknya nanti. Anda juga dperbolehkan untuk menggunakan array tunggal atau referensi ke array dari argumen yang sudah dipisahkan oleh koma.

Ada beberapa catatan yang perlu anda ketahui dalam rumus AVEDEV, diantaranya :

  • AVEDEV ini dipengaruhi oleh sauan pengukuran dalam sebuah data input
  • Argumen yang anda hitung harus berupa angka
  • Semua angka yang anda masukan didalam sebuah kolom argumen akan dihitung nantinya, termasuk nilai 0.
  • Dan jika anda memasukkan argumen berupa teks, nilai logika atau sel kosong, maka hal tersebut tak akan dihitung oleh rumus.

Setelah memahami beberapa catatan untuk menggunakan rumus AVEDEV ini, mari kita langsung mulai pada contoh soalnya.

Silahkan anda buka lembar kerja excel dan buat kolom seperti contoh dibawah ini.

Pada kolom pertama silahkan anda masukkan nama, dan kolom selanjutnya berisi data1 sampai data 3. Untuk isian data, silahkan anda isi bebas seperti gambar dibawah ini.

 

avedev

 

Jika sudah silahkan anda masukkan rumus berikut ini, =AVEDEV(B2:B6) dan tekan enter.

 

Fungsi avedev

 

Nah jika sudah berhasil, anda bisa menarik rumusnya untuk mencari nilai pada data yang lainnya, seperti ini hasilnya.

 

Rumus avedev

 

 

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan cara memahami fungsi rumus AVEDEV pada excel kali ini ? anda bisa mencoba mengganti beberapa nilai data diatas untuk latihan nantinya. Mungkin cukup sekian dulu yang bisa kita sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *