Fungsi Rumus DEVSQ Pada Excel Yang Perlu Kita Pelajari

Fungsi Rumus DEVSQ Pada Excel Yang Perlu Kita Pelajari – Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Office yang biasa digunakan untuk melakukan pengolahan angka / Aritmatika. Microsoft Office ini seringkali digunakan oleh para akuntan untuk menuliskan sebuah catatan pengeluaran dan pemasukan didalam sebuah perusahaan ataupun lembaga yang mereka kelola agar lebih mudah untuk dipahami.

Tidak hanya para akuntan saja, bahkan para siswa sekolah juga bisa menggunakannya untuk mencatat semua kegiatan mereka disekolah. Didalam Microsoft Excel ini dilengkapi dengan berbagai rumus maupun fungsi yang memudahkan anda untuk melakukan hitungan nanti.

Beberapa rumus atau fungsi yang terdapat didalam microsoft excel ini sangat banyak, dan semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan anda. Dan pada kesempatan kali ini kita ingin membahas salah satu rumus atau fungsi yang ada didalam microsoft Excel, yakni Rumus DEVSQ. Apakah anda tahu tentang Rumus DEVSQ? Atau bahkan mungkin sudah pernah mencobanya ?

Rumus DEVSQ ini mungkin masih awam atau jarang dimengerti oleh seseorang ya, pasalnya memang jarang digunakan untuk penghitungan didalam microsoft excel. Namun sebenarnya Rumus DEVSQ ini sangat bermanfaat untuk membantu anda dalam menyelesaikan tugas aritmatik nantinya. Untuk itu, silahkan anda simak ulasan yang sudah kita siapkan dibawah ini tentang Fungsi rumus DEVSQ beserta contohnya:

Nah untuk anda yang belum tahu, kali ini kita ingin mengenalkannya kepada anda semua. Fungsi Rumus DEVSQ ini adalah sebuah rumus yang tujuannya untuk mengembalikan jumlah kuadrat simpangan titik dari sebuah nilai tengah sampelnya.

Untuk sintaks dari Rumus DEVSQ ini adalah DEVSQ(number 1, [number2]..)  yang artinya, pada bagian number itu nantinya digunakan untuk menentikan kolom mana yang unngin anda cari hasilnya. Untuk datanya sendiri, anda bisa menggunakan array tunggal atau referensi ke array yang dipisahkan dengan menggunakan koma.

Ada beberapa peraturan yang harus anda pahami sebelum mengerjakan Rumus DEVSQ ini, diantaranya :

Argumen didalam kolom ini bisa berupa angka/nama, array muaupun refernsi yang berupa angka

Setiap nilai logika ataupun teks representasi angka yang anda masukkan semuanya akan dihitung nantinya

Apabila anda mengisikan sebuah teks, nilai logika maupun sel kosong, hal itu nantinya akan diabaikan oleh sistem, namun jika anda memasukkan nilai nol akan tetap dihitung nanti.

Argumen maupun teks yang tidak dapat diterjemahkan oleh Rumus DEVSQ ini akan menjadi nilai kesalahan nantinya.

Setelah mengetahui beberapa peraturan yang ada, selanjutnya kita langsung mulai saja ke contoh soal fungsi Rumus DEVSQ dibawah ini :

Langkah pertama, silahkan anda buka lembar kerja Microsoft Excel dan buat tabel seperti yang sudah kita bagikan dibawah ini. untuk isiannya bebas ya, sesuka hati anda saja, dan jumlah kolomnya pun juga sesuka hati anda.

 

Fungsi Rumus DEVSQ pada Excel

 

Jika sudah, pada bagian kolom B7, silahkan anda masukkan rumus berikut ini : =DEVSQ(B2:B6), lalu telan enter. Setelah muncul hasilnya, maka rumus yang anda masukkan sudah benar, apabila terjadi nilai kesalahan maka ada beberapa angka yang salah anda masukkan.

 

Rumus DEVSQ pada Excel

 

Jika sudah muncul hasilnya, maka untuk mengisi data 2 dan data 3, anda tinggal menarik rumusnya saja nanti, maka akan muncul hasilnya.

 

Fungsi DEVSQ pada Excel

 

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan ? mungkin cukup sekian dulu ya informasi dari kami tentang Fungsi Rumus DEVSQ Pada Excel yang bisa kita bagikan, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *