Mengitung Nilai Rata-Rata Siswa Dengan Fungsi AVERAGEIF Pada Excel

Pada kesempatan ini akan mencoba menghitung nilai rata-rata siswa dengan fungsi AVERAGEIF pada Microsoft Excel, Jika pada fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sederetan argumen, maka fungsi AVERAGEIF pada nilai rata-rata siswa dihitung berdasarkan kriteria tertentu, kriteria disini berdasarkan data jenis kelamin siswa.

Untuk lebih jelasnya bagaimana penggunaan fungsi AVERAGEIF yang diaplikasikan untuk mengitung nilai rata-rata siswa, berikut langkah-langkahnya.

Buat data nilai seperti berikut.

data 1 menghitung nilai rata-rata dengan AverageIFUntuk mengisi Nilai Rata-Rata pada cell E13 cukup mengetikan rumus =AVERAGE(E3:E12).

data 2 menghitung nilai rata-rata dengan AverageIFLalu untuk mengisi Nilai Rata-Rata Perempuan dapat menggunakan fungsi AVERAGEIF pada cell E14 dengan rumus =AVERAGEIF(D3:D12,”Perempuan”,E3:E12), hasilnya seperti berikut.

data 3 menghitung nilai rata-rata dengan AverageIFLalu untuk mengisi Nilai Rata-Rata Perempuan dapat menggunakan fungsi AVERAGEIF pada cell E14 dengan rumus =AVERAGEIF(D3:D12,”Laki-Laki”,E3:E12), hasilnya seperti berikut.

data 4 menghitung nilai rata-rata dengan AverageIFPenjelasan fungsi AVERAGEIF :

Fungsi AVERAGEIF pada dasarnya mengembalikan nilai rata-rata dari semua cell dalam range yang memebuhi kriteria tertentu. Sintaks rumus lengkap AVERAGEIF yakni :

AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])

Dimana sintaks fungsi AVERAGEIF memiliki argumen berikut:

  • Range, Satu atau beberapa sel yang akan dihitung rata-ratanya, termasuk angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka.
  • Criteria, Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks menentukan sel mana yang akan dihitung rata-ratanya. Misalnya, criteria dapat dinyatakan sebagai 32, “32”, “>32”, “apel”, atau mendefinisikan kolom cell.
  • Average_range, Kumpulan cell yang akan dihitung rata-ratanya. Jika dikosongkan, maka range digunakan.

Demikian pembahasan mengenai fungsi AVERAGEIF yang diaplikasikan pada contoh kasus menghitung nilai rata-rata siswa, semoga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan fungsi AVERAGEIF pada Microsoft Excel.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *