Rumus Fungsi GAMMA Pada Excel Yang Perlu Kita Pelajari

Rumus Fungsi GAMMA Pada Excel Yang Perlu Kita Pelajari – Microsoft Excel merupakan salah satu program dalam kelompok micorsoft office yang begitu banyak digunakan oleh para pelajar hingga karyawan sebuah perusahaan. Microsoft Excel ini merupakan sebuah program pengolah angka yang sangat bermanfaat untuk membantu mereka yang mendapat tugas pemberkasan.

Dalam bidang administratif, Microsoft Excel ini sangat berguna karena menyediakan berbagai fungsi yang siap membantu mempermudah setiap pekerjaan nantinya. Didalam Microsoft Excel ini dikenal dengan banyaknya rumus maupun formula yang memiliki banyak sekali kegunaan dalam dunia pekerjaan nantinya.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Excel dibanding aplikasi lainnya. Didalam Microsoft Excel ini mampu menampung data yang sangat besar dengan ada 1 juta baris dan juga 16.000 kolom yang siap digunakan dalam 1 sheet. Sementara itu, sheet yang disediakan oleh Microsoft Excel ini juga sangat banyak, sehingga bisa anda bayangkan sendiri berapa data yang bisa ia tampung.

Selain itu, didalam Microsoft Excel ini juga memiliki format yang sangat populer dan begitu fleksibel, jadi banyak sekali software data entry saat ini mereka menyediakan fasilitas konversi ke dalam format excel ataupun format lain yang bisa dibaca dengan menggunakan Microsoft Excel nanti.

Masih banyak sekali kelebihan dari Microsoft Excel yang bisa anda dapatkan, maka dari itu jangan heran jika software milik perusahaan microsoft ini begitu banyak penggunannya. Nah seperti yang sudah kita singgung diatas tadi, jadi didalam Microsoft Excel ini terdapat cukup banyak sekali rumus formula yang bisa anda gunakan nanti. Dan salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi gamma pada excel.

Fungsi Gamma pada Excel ini adalah sebuah perluasan dari sebuah transformasi laplace yang begitu penting dalam dunia matematika, rumus ini dianggap sebagai dasar dalam perkembangan ilmu teknologi dan juga sains modern saat ini.

Untuk Fungsi GAMMA ini memiliki sintaks yakni ; =GAMMA(number)

Maksud number diatas adalah angka yang akan kita kembalikan nilai fungsi gamma nya nanti. Sebelum mengenal lebih dalam tentang Fungsi GAMMA pada excel, sebelumnya anda harus memahami beberapa ketentuan terlebih dahulu, diantaranya:

Fungsi Gamma memiliki persamaan seperti berikut: Г(N+1) = N * Г(N)

 

gamma 0

 

Jika nilai yang terdapat didalam sel atau bulat negatif atau nilai 0, maka fungsi GAMMA ini nantinya akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #NUM!.

Dan jika didalam sel terdapat sebuah nilai karakter yang tidak valid, maka fungsi GAMMMA ini nantinya akan mengembalikan nilai kesalahan menjadi #VALUE!.

Setelah memahami beberapa ketentuan dari fungsi Gamma, mari selanjutnya kita mulai contoh soal Fungsi GAMMA pada excel dibawah ini.

Silahkan anda buat tabel seperti gambar dibawah ini

 

Fungsi Gamma

 

Nah kita akan memberikan penjelasannya satu per satu. Untuk sel A1, kita mendapatkan nilai 362880, angka ini merupakan hasil dari nilai gamma 10, dengan rumus : =GAMMA(10)

 

Fungsi Rumus Gamma

 

Lalu untuk sel 2 kita mendapatkan nilai 11.6317284, ini merupakan hasil dari nilai gamma 4.5, dengan rumus: =GAMMA (4.5)

 

Rumus Gamma

 

Sementara pada bagian sel 3 dan 4, kita mendapatkan nilai kesalahan #NUM!. hal ini seperti yang kita bahas diatas, dimana Fungsi GAMMA pada excel ini tidak akan bekerja pada nilai negatif ataupun 0 nantinya.

 

Gamma 0

 

Nah bagaimana penjelasan dari kami tentang Fungsi GAMMA pada excel kali ini? cukup mudah dipahami bukan ? demikian infromasi dari kami, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *