Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel

Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel – Banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara melakukan konversi kalender masehi ke hijriah di Excel, nah pada kesempatan kali ini kita akan membagikan sebuah tips sederhana untuk membantu mengatasi masalah anda tersebut.

Untuk melakukannya, kita memerlukan sebuah rumus excel yang sudah ada pada Microsoft Excel, sehingga kita sudah tidak perlu lagi melakukan otak atik sana sini lagi. Sebelum kita mulai mengerjakan, pastinya anda sudah tahu kan tentang kalender Hijriah ?

Kalender hijriah atau biasa yang disebut dengan kalender Islam ini merupakan sebuah kalender khusus yang dijadikan patokan oleh umat Islam di seluruh dunia yang hitunganya mengacu pada peredaran Bulan Ke Bumi.

Hal inilah yang membedakannya dari kalender Masehi yang mengacu pada peredaran Bumi Ke Matahari. Sehingga hal tersebutlah yang membuat kalender hijriah dan juga masehi ada selisih sekitar 10 hari setiap tahunnya.

Bagi umat Islam, kalender utama yang mereka gunakan adalah kalender hijriah, hal itu dikarenakan banyaknya hari-hari besar umat Islam yang sudah ditentukan dengan menggunakan kalender tersebut, 1 Syawal (Idul Fitri), 10 Dzulhijjah (Idul Adha), hingga 27 Rajab (peringatan Isra’ Mi’raj).

Semua hari besar umat islam tersebut dihitung dengan menggunakan kalender hijriah. Maka dari itu, Microsoft Excel sebagai aplikasi pengolah data terbesar yang banyak digunakan oleh semua orang telah disematkan sebuah fitur khusus yang bisa digunakan nantiya untuk melakukan konversi kalender masehi ke hijriah.

Sehingga anda yang kebetulan melakukan entri data, dan ingin memasukkan kalender Hijria didalamnya sudah tidak perlu binggung lagi, cukup dengan memasukan rumus maka apa yang anda inginkan sudah bisa tercapai.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, lebih baik langsung saja kita mulai cara konversi kalender masehi ke hijriah di excel berikut ini :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan pastinya adalah membuka software Microsofot Excel terlebih dahulu
  2. Lalu silahkan masuk pada kolom B1, dimana pada kolom tersebut anda bisa memasukkan tanggal yang ingin anda rubah menjadi ke hijriah. Atau bisa juga anda bisa menggunakan rumus =Today() dimana dengan menggunakan rumus tersebut maka secara otomatis tanggal akan memacu pada hari ini.
  3. Jika sudah, selanjutnya pada kolom B2, silahkan anda masukkan rumus berikut ini : =TEXT(B1;”[$-1170401]dddd, dd mmm yyyy”)

konveresi Kalender Masehi ke kalender hijriyah

  1. Saat anda memasukkan rumus itu tadi, maka secara otomatis tanggal yang anda masukkan pada kolom B1 tadi, akan dirubah ke kalender Hijriah nantinya. Seperti contoh yang kita lakukan kali ini yaitu pada tanggal 11 Agustus 2015 maka akan berubah menjadi Selasa, 26 Syawal 1436.

konveresi Kalender Masehi ke kalender hijriyah pada excel

Pasti banyak yang bertanya kenapa bisa berubah seperti itu ? karena kita telah merubah format Date pada Microsoft Excel menjadi format standart Date Arabic, yakni [$-1170401]. Nah untuk menampilkan harinya, menggunakan format (dddd), lalu untuk tanggal (dd), dan untuk nama bulan menggunakan (mmm) sementara untuk tahuun menggunaakan format (yyyy).

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan cara Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel kali ini ? sehingga sudah tidka perlu membutuhkan aplikasi tertentu lagi, cukup dengan memasukan beberapa rumus dari Microsoft Excel dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Demikian yang bisa kita sampaikan, semoga informasi yang kita bagikan kali ini bisa bermanfaat buat anda semua ! terima kasih sudah membaca.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *