Fungsi TODAY pada Excel Dan Cara Menggunakannya

Fungsi TODAY pada Excel Dan Cara Menggunakannya  РMicrosoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang masuk dalam Microsoft Office, fungsinya adalah untuk mengatasi masalah dalam pengolahan angka. Microsoft Excel ini biasa digunakan mereka yang berada di perkantoran dan ada kaitanya dengan ilmu akuntansi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Fungsi TODAY pada Excel yang perlu anda ketahui. Fungsi today ini berguna untuk menggembalikan nomor seri dari tanggal saat ini, sehingga apabila ada kesalahan dalam penulisan tanggal hari ini, maka fungsi ini bisa memperbaikinya secara otomatis nantinya.

Nomor seri sendiri adalah sebuah kode tanggal atau waktu yang dipergunakan dalam Excel untuk melakukan perhitungan  tanggal serta waktu. Apabila format sel general atau umum, sebelum fungsi tersebut dimasukkan, maka Excel akan mengganti menjadi formast sel ke Tanggal. Dan apabila anda ingin melihat nomor serinya, maka yang harus anda lakukan adalah mengganti format sel tersebut ke Umum atau bisa juga ke Angka.

Fungsi Today ini sangat berguna pada waktu anda ingin menampilkan tanggal pada waktu sekarang ini di lembar kerja Excel, tanpa memandangan kapan anda mulai membuka buku kerja. Dan fungsi ini juga berguna sebagai media penghitung interval. Contohnya , anda mengetahui seseorang lahir pada tahun 1975, dan anda ingin menggunakan rumus untuk mengetahui berapa usia orang tersebut pada ulang tahunnya kali ini :

=YEAR(TODAY())-1975

Dalam rumus ini menggunakan sebuah fungsi TODAY untuk menjadi argumen untuk fungsi YEAR dalam mendapatkan tahun saat ini, lalu dia akan menguranginya dengan 1975, untuk bisa mengembalikan usia orang yang telah dihitung usianya tersebut. Contoh VBA Excel untuk Membuat Tanggal dan Waktu

Fungsi TODAY pada Excel ini cukup mudah dan sederhana dalam penerapannya, sehingga anda tidak perlu pusing lagi untuk mengerjakannya. Silahkan anda simak ulasan kami dibawah ini yang membahas tentang fungsi Today.

Untuk Fungsi TODAY pada Excel yang akan kita bagikan kali ini ada 4 rumus yang perlu anda coba,

  • Untuk fungsi Today yang pertama seperti gambar dibawah ini :

 

Fungsi Rumus Today pada Excel

 

  • Pada kolom A2 silahkan anda masukkan tanggal 2/3/2017 (3 Februari 2017),
  • Lalu pada kolom B2 silahkan anda masukkan rumus berikut ini : =TODAY()+5, tekan enter
  • Rumus tersebut maksudnya adalah megembalikan tanggal saat ini ditambah dengan 5 hari sehingga hasilnya : 2/8/2017 (8 februari 2017)
  • Lalu selanjutnya pada kolom A3, silahkan anda masukkan tanggal 23/1/2017(23 januari 2017)

 

Fungsi Today pada Excel

 

  • Selanjutnya pada kolom B3, silahkan anda masukkan rumus : =TODAY(), dan tekan enter
  • Rumus itu memiliki arti mengembalikan tanggal saat ini, sehingga hasilnya menjadi 2/3/2017 (3 Februari 2017)
  • Fungsi Today selanjutnya ialah untuk mengembalikan hari saat ini dalam waktu sebulan kedepan, yakni pada bagian kolom B4, silahkan anda masukkan rumus : =DAY(TODAY()). Lalu tekan enter, maka hasilnya akan muncul 3.

 

 

 

Note : Apabila fungsi TODAY ini tidak memperbarui tanggal seperti yang anda inginkan, maka anda perlu melakukan perubahan pada peraturan yang mengontrol kapan perhitungan ulang buku tersebut dilakukan.

 

Rumus Today pada Excel

 

  • Dan yang terakhir adalah mengamblikan bulan saat ini dalam satu tahun kedepan, caranya dengan memasukkan rumus =MONTH(TODAY())dan tekan enter, maka hasilnya akan muncul nilai 2.

 

Today pada Excel

 

Nah bagaimana ? cukup mudah bukan cara mengerjakan Fungsi TODAY pada Excel ? demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *