Mencari Angka Hari, Bulan dan Tahun dengan Fungsi DAY, MONTH dan YEAR pada Excel

Pembahasan bagaimana mengoperasikan Microsoft Excel tidak pernah lepas dari penggunaan fungsi atau rumus excel. Bisa dikatakan bahwa hampir semua cell yang digunakan mengandung formula tertentu sehingga muncul hasil baik berupa angka maupun huruf. Apabila ada perubahan di salah satu cell, maka akan berpengaruh pada cell yang lain. Inilah yang membuat MS Excel sangat menarik untuk dipelajari.

Bagaimanakah biasanya Anda mencari tanggal, bulan atau tahun tertentu pada Excel? Apakah selama ini Anda melakukannya dengan cara manual? Tentu akan menjadi pekerjaan yang melelahkan apabila dokumen yang harus diberikan tanggal cukup besar.

Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada cara lebih mudah menampilkan tanggal tertentu di lembar kerja. Anda hanya perlu menggunakan fungsi DAY, MONTH dan YEAR. Berikut penjelasannya lebih lanjut:

  • Fungsi DAY

Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan angka yang menunjukkan hari atau tanggal kesekian dalam suatu bulan tanpa menampilkan bulan dan tahun dari serangkaian nomor seri atau tanggal. Hasil yang muncul berupa angka 1 sampai dengan 31 (hari/tanggal dalam suatu bulan).

Penulisan rumus fungsi DAY sebagai berikut:

=DAY(serial_number)

serial_number disini merupakan data atau bilangan tanggal dari angka hari yang ingin ditemukan

Contoh penggunaan:

Fungsi day

Keterangan:

  • Cell A2-A4 merupakan data tanggal
  • Cell B2-B4 adalah angka hari yang ada pada data tanggal
  • Untuk mendapatkan angka yang menunjukkan tanggal dari data di cell A2, maka Anda tinggal menuliskan syntak =DAY(A2) pada cell B2 dan hasilnya yaitu 13. Copy formula yang sama, maka akan hasil B3 : 2 dan B4 : 25.

 

  • Fungsi MONTH

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan angka bulan dalam setahun dari suatu bilangan tanggal, yaitu berkisar antara 1 untuk bulan Januari hingga 12 untuk bulan Desember.

Penulisan rumus fungsi MONTH sebagai berikut:

=MONTH(serial_number)

serial_number merupakan data atau bilangan tanggal dari angka bulan yang ingin ditemukan

Contoh penggunaan:

Fungsi Month

Keterangan:

  • Cell A2-A4 merupakan data tanggal
  • Cell C2-C4 adalah angka bulan yang ada pada data tanggal
  • Untuk mendapatkan angka yang menunjukkan tanggal dari data di cell A2, maka Anda tinggal menuliskan syntak =MONTH(A2) pada cell C2 dan hasilnya yaitu 8. Copy formula yang sama, maka akan hasil C3 : 4 dan C4 : 5.

 

  • Fungsi YEAR

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan angka tahun dari suatu bilangan tanggal. Penulisan rumus fungsi YEAR sebagai berikut:

=YEAR(serial_number)

Serial_number merupakan data atau bilangan tanggal dari angka tahun yang ingin ditemukan.

Contoh penggunaan:

Fungsi Year

Keterangan:

  • Cell A2-A4 merupakan data tanggal
  • Cell D2-D4 adalah angka tahun yang ada pada data tanggal
  • Untuk mendapatkan angka yang menunjukkan tanggal dari data di cell A2, maka Anda tinggal menuliskan syntak =YEAR(A2) pada cell D2 dan hasilnya yaitu 2013. Copy formula yang sama, maka akan hasil D3 : 2015 dan D4 : 1999.

Beberapa gambar di atas merupakan contoh sederhana penggunaan fungsi DAY, MONTH dan YEAR yang bertujuan untuk menemukan angka bilangan hari, bulan dan tahun. Dalam kasus yang lebih kompleks, fungsi-fungsi tersebut juga biasa dikombinasikan dengan formula lainnya. Misalnya operasi penjumlahan untuk mendapatkan bilangan tanggal di beberapa tahun berikutnya.

Contoh:

Fungsi Date Month Year

Keterangan:

  • Cell A2-A4 merupakan data tanggal
  • Cell B2-B4 merupakan data tahun yang akan ditambahkan
  • Cell C2-C4 adalah hasil bilangan tanggal setelah ditambahkan angka tahun yang ada pada data B2-B4.
  • Untuk mendapatkan bilangan tanggal hasil, maka Anda tinggal menuliskan syntak =DATE(YEAR(A2)+B2;MONTH(A2);DAY(A2)) pada cell C2 dan hasilnya yaitu 13/08/2021. Copy formula yang sama, maka akan hasil C3 : 02/04/2018 dan C4 : 25/05/2011.

baca juga mengenai Contoh VBA Excel untuk Membuat Tanggal dan Waktu pada excel

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *